SHOPPING CART

close
Ayo Gabung Jadi Universalscout, Bumikan Satya Darma Pramuka Tanpa Batasan Ruang dan Waktu

Salah Kekancan

Mungkin di antara kalian pasti udah tahu apa itu “salah kekancan” iya kan bero?? Pastinya lahh,nek gak ngerti duhh ndeso lu bero!! Tapi engga mungkin kalau kalian engga tahu, sekarang kan di media sosial salah satunya fb udah buanyak yang buat status itu yato?? Oyi sam… sampai-sampai dibuatkan lagunya. Tahu engga?? Masak engga tahu sihh! Yang itu lohh beroo yang di nyanyikan sama NDX. Kalau engga salah satu liriknya ada yang gini nih :
“biyen kanca ngguyu kok dadi kanca asu. Biyen kanca susah saiki dadi bubrah” nahh tahukan! Maaf ya beroo kalau bahasanya ada yang kasar hehehe… Abis lirik dari sananya gitu sih ya aku ngikutin aja.

Yahh.. kalau menurut kacamataku sihh bero kalau salah kekancan itu biasanya di sebabkan karena perkembangan jaman dan IPTEK yang kini sedang berkembang pesat dan di salah gunakan sama mereka yang sesat gitu deh. Juga pergaulan yang engga ada batasanya alias pergaulan bebas yang kini marak terjadi di kalangan remaja. Selain yang aku sebutkan di atas tadi yaa bero, penyebab lainnya yaitu pengaruh media sosial iya kan?? Siapa sihh remaja yang engga tahu media sosial? Semuanya pasti tahu termasuk elu kan beroo aku juga sih. Bahkan sekarang medsos udah jadi prioritas buat para remaja. Karena di medsos kita bisa mempunyai banyak teman dari mana dan kalangan apapun. Tapi medsos sering di salah gunakan tuhh sama si pelaku salah kekancan.

Akhirnya mereka yang awalnya baik sekarang jadi buruk sifatnya, tingkah lakunya,dan buruk akhlaknya beroo. Itu semua yah karena salah kekancan yang mereka sendiri lakukan. Semoga aja kita engga bakal sampai salah kekancan kayak mereka oke beroo?! Untuk menghindari salah kekancan aku ada sedikit tips nihh beroo yang insyaallah bermanfaat. Mau tahu?? Ahh kepo dehh elu bero! Iya dehh aku kasih tahu. Yang pertama kita memang boleh mengikuti perkembangan jaman dan IPTEK tapi, kita tidak boleh sampai salah menggunakan nihh bero. Terus yang kedua, jika kitau bergaul harus memperhatikan siapa yang bergaul dengan kita dan pandai-pandai untuk memilih teman jangan sampai keliru lohh bero. Yang selanjutnya jika kita sudah mengenal medsos sebaiknya kita menggunakannya dengan baik dan benar.

Untuk mereka yang udah salah kekancan saran aku yah bero, sebaiknya kita menegur dan menasehatinya. Mengingatkan mereka bahwa mereka itu sudah salah kekancan. Tapi harus dengan cara yang baik-baik dulu, jangan langsung di marahi nanti dia malah semakin marah dan bisa mempengaruhi teman yang lainnya bero. Kalau elu udah ennga bisa negur/nasehati lagi boleh di laporkan kepada orang yang lebih tua/bisa mengatasi itu.

Kalau bero mengamati di antara temen-temen yang sudah salah kekancan ajak aku ya bero siapa tahu aku bias bantu…hehehe.lalu bero boleh menulisnya menjadi artikel dan bisa di unggah. Atau kalau mau berbagi cerita,tips,pengalaman atau apalahh bisa juga berbagi dan menulisnya langsung di universalscout.com.

Tags:

0 thoughts on “Salah Kekancan

Leave a Reply

Your email address will not be published.