Bongkahan Es Besar di Dunia

Haii teman-temann…kali ini saya akan menjelaskan sedikit tentang gletser. Pasti kalian pada bertanya-tanya “apasih gletser” nah penjelasannya ada dibawah. Tidak hanya tentang gletser akan tetapi juga penjelasan tentang bagaimana terjadinya gletser dan bagaimana mencairnya gletser tersebut. Nahh…dari itu pasti ada manfaatnya dongg,manfaatnya juga sudah saya tuliskan sedikit dibawah yaa…

Selamat membacaaa!

Gletser merupakan salah satu bentuk benda yang ada di permukaan Bumi. Gletser adalah sebuah bongkahan es yang mempunyai ukuran besar. Gletser terbentuk di atas daratan melalui proses pengkristalan salju atau endapan salju dalam kurun waktu yang lama. Gletser disebut sebagai sebuah sungai es yang terbentuk di lembah pegunungan dan mengalir menuruni lembah pegunungan secara perlahan-lahan yang diakibatkan dari akumulasi es, salju, dan bebatuan karena adanya perubahan temperatur.

Proses terjadinya gletser ini dimulai dari lereng pegunungan. Gletser akan dibentuk dan dimulai ketika salju segar turun. Setelah mengendap, udara yang terperangkap di antara serpihan salju terdorong keluar sehingga terjadi keping salju yang padat dan disebut firn. Ketika salju semakin banyak turun di puncak pegunungan, firn akan semakin terpadatkan menjadi es gletser. Bebatuan atau till yang jatuh dari puncak gunung akan ikut terbawa oleh gletser ini. Di daerah yang curam, es akan terpecah-pecah menjadi rekahan-rekahan yang berbentuk baju (crevasse). Gletser ini ujungnya akan mencair dan akan membentuk aliran sungai yang mengalir ke bawah pegunungan. Gletser tersebut berisi berbagai macam zat, seperti bebatuan, salju, dan sedimen. Itulah tahapan-tahapan terbentuknya gletser, dari awal mula hingga ketika gletser mencair dan membentuk aliran sungai. Gletser ini bisa mengubah kontur sungai menjadi berbeda dari sebelumnya.

Gletser sebagai salah satu wujud es yang ada di permukaan Bumi mempunyai berbagai manfaat. Manfaat dari gletser antara lain terbentuknya macam-macam danau glasial dan fyord sebagai hasil erosi glasial sehingga dapat digunakan sebagai tempat penelitian ahli glasiologi. Selain itu, gletser digunakan sebagai tempat berolahraga sky pada musim dingin dan sumber air bagi sungai di bawahnya.

Itulah sedikit penjelasan saya mengenai gletser. Apabila ada kurang lebihnya mohon dimaafkann.

See You…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2024 universalscout.com - WordPress Theme by WPEnjoy