SHOPPING CART

close
Ayo Gabung Jadi Universalscout, Bumikan Satya Darma Pramuka Tanpa Batasan Ruang dan Waktu

Hidup Sunyi Dipenuhi Hawa Nafsu

Ini tentang kesunyian dan hawa nafsu. Hidup, pandanganku tentang hidup ini kadang hidup itu rumit dan penuh misteri. Penuh dengan teka-teki yang kadang sulit ditebak. Terkadang aku sulit mengartikan hidup dan bagaimana aku di kehidupanku di hariesok. Apakah esok aku akan dijauhi orang-orang disekitarku ? Apakah besok adalah hari terakhirku ? Apakah hari esok adalah hari yang sangat menyenangkan dan tak terlupakan untukku ? Tetapi aku terus menjalani hidupku seperti air yang mengalir dan aku jalani seperti yang aku inginkan dan yang terbaik untukku.

Dalam hidup selalu dipenuhi dengan cobaan dan dipenuhi dengan kebohongan, kegelapan, pengkhianatan, rasa kebencian,dan tidak pernah luput dari kesalahan dan masalah. Juga terkadang banyak orang yang tidak suka pada kita entah dari kelakuan kita, omongan kita yang kurang mengenakkan dihati yang membuat orang itu tersinggung ataupun yang lain. Untuk itu sebelum kita bicara atau mau melakukan sesuatu harus melihat akibatnya dulu. Jangan langsung terburu-buru melakukannya. Kita juga harus melihat jika kita melakukan ini atau bicara ini apakah seseorang itu akan sakit hati atau merasa tersinggung ? Apakah yang aku lakukan ini memang yang terbaik ?Harus dipikirkan matang-matang tanpa merugikan diri sendiri dan orang lain.

Orang selalu melihat sifat atau karakter seseorang kebanyakan dari luar. Terutama sisi negative orang yang dinilainya. Tetapi harusnya juga lihat dari dalamnya juga. Jangan menyebarkan aib yang bukan sesuai dengan kenyataan. Dan jangan sesekali memfitnah seseorang hanya untuk kepentingannya sendiri. Jangan pula menyindir-nyindir seseorang dari belakang atau yang paling sering dan kelihatan sekarang ini di media social. Perbuatanseperti itu sama namanya dengan iri hati. Perasaan tidak suka pada orang lain karena dianggap orang itu lebih unggul dan lebih hebat darinya. Dia tidak mau sampai ada orang lain yang lebih terkenal darinya. Karena nantinya jika ada yang seperti itu dia akan merasa dikucilkan dan dijauhi. Harusnya kita sadar kalau kita melakukan hal seperti itu kita juga akan mendapat dosa. Karena apa ? Karena kita menyebarkan aib seseorang pada orang banyak dan kita memiliki rasa iri yang harusnya rasa iri itu kita hindari. Didunia ini bukan hanya ada AKU DAN KAMU, pasti selalu ada orang lain.

Semakin berkembangnya teknologi sekarang kita manfaatkan saja teknologi sekarang ini dengan baik dan yang bermanfaat bagi diri sendiri dan orang lain. Daripada kita berbuat dosa dan nanti yang rugi kita sendiri ? Siapa yang susah ?Aku…. Juga. Untuk yang mengirimkan foto yang kurang sopan kedunia maya sekarang HENTIKAN. Apa tidak malu mengirimkan foto kita yang kurang sopan untuk dilihat diketahui orang banyak ? Itupun juga dosa. Perkataan yang kurang baik juga harus dikendalikan. Apalagi saat dalam keadaan sedang marah, batin tersiksa, pikiran banyak beban. Jika sedang terbebani kita harus berusaha mengungkapnya atau istilahnya curhat keteman yang bisa mengerti perasaan kita dan member solusi yang tepat dan baik.

Sekarang ini juga banyak kejahatan yang terjadi. Seperti penculikan, pembunuhan, pemerkosaan, kekerasan ataupun yang lainnya. Sungguh manusia tidak punya pikiran dan hati. Misalnya penculikan anak-anak sekolah dibawah umur yang tujuannya untuk diambil organ dalam yang nantinya dijual untuk mendapatkan uang yang nantinya untuk bekal hidupnya. Padahal masih banyak pekerjaan yang lebih halal tanpa melakukan perbuatan yang tidak berkemanusiaan seperti itu. Setiap masalah pasti ada jalan keluar. Janganlah kita mengikuti hawa nafsu.

Juga sekarang banyak yang mengkonsumsi bahkan kecanduan terhadap NARKOBA (Narkotika dan Obat berbahaya). Dampak yang ditimbulkan dari narkoba sangat banyak. Misalnya saja pengguna merasa luar biasa, tanpa terganggu oleh masalah yang sedang dihadapi. Namun bila berlebihan dapat menimbulkan kematian. Misalnya yang lain lagi menyebabkan rasa lesu, perasaan mengantuk, kebingungan, gangguan system pernapasan, menyebabkan berkurangnya keinginan untuk minum sehingga dapat menyebabkan dehidrasi. Dan masih banyak lagi dampak dari mengkonsumsi narkoba. Untuk itu jauhilah narkoba. Bagi yang belum mengkonsumsi segera hindarilah, bagi yang sudah kecanduan hentikanlah mengkonsumsinya. Cara pencegahan akibat penggunaan narkoba yaitu dengan mendekatkan diri pada Tuhan agar diberi kekuatan untuk melawan godaan mengkonsumsi obat-obatan terlarang, jangan pernah mencoba, meningkatkan komunikasi dan menjaga hubungan yang harmonis dalam keluarga, jangan bergaul dengan pecandu narkoba, serta ikut mengawasi peredaran obat-obatan terlarang. Bila ada yang menggunakan obat terlarang itu segera laporkan kepihak berwajib.

Kehidupan didunia ini hanya sementara. Terkadang seseorang jika sedang mendapat masalah seperti masalah dengan pacar atau mungkin keinginan kita belum dikabulkan kita akan mengakhiri hidup, itu salah. Sangat salah. Seharusnya kita bersyukur sudah diberikan kehidupan, sudah diberi umur panjang dan kesehatan tetapi kita malah menyia-nyiakannya. Banyak orang disana yang terus berusaha dan terus berdoa seperti berolahraga dan makan makanan sehat supaya tetap sehat dan berumur panjang. Seperti orang yang sakit. Ia akan berusaha melawan penyakitnya dan berdoa untuk bisa sehat kembali dan menjalani hidupnya. Semua orang pasti tidak ingin menyia-nyiakan hidup ini dan ingin melakukan yang terbaik dalam hidup ini. Banyak yang ingin dilakukan dan banyak impian yang ingin diwujudkan.

Hidup itu terus berputar. Perbuatan kita yang kita lakukan selama hidup akan ditanggung secara adil. Seperti kata pepatah “Siapa yang menanam pasti akan menuai”. Jadi jika kita menanam kebaikan kita akan menuai kebaikan juga, begitupun sebaliknya jika kita berbuat kejahatan kita akan menuai kejahatan juga. Hidup ada yang diatas dan ada yang dibawah. Maka untuk itu sesekali kita harus melihat kebawah kalau masih ada orang lain yang membutuhkan kita. Tetapi jangan melihat ke masa lalu yang pahit, karena dapat membuat kita semakin mengingat dan merasakan masa itu. Tetap lihat ke masa depan. Jangan anggap kehidupan didunia ini kalau kita sudah diatas akan terus selalu diatas dan sampai-sampai kita melupakan segalanya, Tuhan kita yang sudah memberi kehidupan ini, orang tua kita yang sudah menyekolahkan kita sampai di pendidikan yang tinggi hingga kita bisa sukses, guru-guru kita yang sudah membagikan ilmu kepada kita dengan penuh kesabaran dalam mengajar dan mendidik kita. Kita harusnya bersyukur untuk semua itu. Banyak anak yang ingin sekolah disana dan berusaha untuk bisa mendapatkan pendidikan dan kehidupan yang lebih baik lagi.

Hidup ini adalah suatu perjalanan yang harus kita lalui dengan sungguh-sungguh. Maka tiada gunanya kita berlama-lama dalam duka karena duka yang bertahun hanya akan membuat kita buta akan banyak kebahagiaan yang telah Tuhan berikan kepada kita. Kita harus tetap sabar dan tabah dalam hidup ini. Berbuat yang berguna bagi kita tanpa merugikan orang lain. Jangan sia-siakan hidupini. Banyaklah mendekatkan diri kepada Tuhan dan selalu bersifat terbuka dengan keluarga.

Terima kasih sudah membaca artikel ini dan semoga bermanfaat bagi kalian semuanya. Saya mohon maaf bila ada salah kata yang kurang berkenan. Dan baca juga artikel yang lainnya.

Tags:

0 thoughts on “Hidup Sunyi Dipenuhi Hawa Nafsu

Leave a Reply

Your email address will not be published.