SHOPPING CART

close
Ayo Gabung Jadi Universalscout, Bumikan Satya Darma Pramuka Tanpa Batasan Ruang dan Waktu

Berpetualang ke Air Terjun Sedudo

Hari minggu jangan hanya dirumah, mari berpetualang ke air terjun Sedudo, sebuah air terjun yang cukup terkenal di daerah Nganjuk Jawa Timur.

Rute yang bisa anda tempuh melalui jalur utama Kediri Nganjuk melalui kecamatan Loceret. Sampai di tugu Adipura, ngambil jalan lurus ke Brebek hingga bertemu dengan pasar Brebek lalu trafik light, turn left ke arah Sawahan.

Perjalanan menuju ke air terjun Sedudo sangat mulus, dengan pemandangan gunung Wilis yang asri. Begitu masuk wilayah Sawahan kita akan mulai merasakan udara yang cukup sejuk, meski panas matahari lumayan menyengat. Untuk menemukan air terjun ini tidaklah sulit sebab sangat banyak petunjuk yang mengarah ke sana. Saran kami jangan hanya fokus ke air terjun sedudo saat berjalan kesana, di kiri kanan jalan arah Sedudo juga banyak objek-obejk wisata yang layak untuk dikunjungi, bahkan sebelum masuk ke air terjun Sedudo kita juga bisa berkunjung dulu ke air terjun Singokromo. Wah apalagi itu? Kapan-kapan kami tulis ya..

Nah berikut adalah beberapa penampakan air terjun sedudo dari warganet yang bisa jadi referensi anda semua sebelum bermain ke air terjun Sedudo

Gapura jalan ke Air Terjun Sedudo
Gapura jalan ke Air Terjun Sedudo

 

sedudo-6-universalscout

Loket Karcis Air Terjun Sedudo

 

sedudo-7-universalscout
Tangga di samping air terjun Sedudo

 

sedudo-3-universalscout
Air Terjun Sedudo

Mitos Air Terjun Sedudo

Diambil dari Tempo, mitos Air Terjun Sedudo ada yang bermakna positif dan juga sebaliknya. Salah satu mitos positif adalah khasiat air terjun yang konon bisa membuat wajah awet muda dan menyembuhkan beragam penyakit. Khasiat ini bahkan ditulis di papan informasi ruas jalan setapak menuju air terjun.

Mitos awet muda inilah yang menarik minat pengunjung untuk mandi atau sekedar mencelupkan kakinya di kolam air terjun setinggi 105 meter itu. Para pengunjung yang sebagian besar anak muda biasanya betah berendam hingga berjam-jam di kolam tersebut. “Airnya memang segar dan membawa aura kesehatan,” kata Ristika, 42 tahun, warga Nganjuk yang mengenal tempat itu sejak kecil, Rabu, 22 Juli 2015.

Menurut dia, sejumlah orang bahkan percaya khasiat air kolam dapat melempangkan karir politik. Karena itu tak heran bila banyak calon anggota wakil rakyat yang melakukan ritual tertentu di Sedudo menjelang pemilihan umum. “Mereka berharap dengan mandi di bawah air terjun Sedudo bisa memuluskan langkah menjadi anggota Dewan,” katanya.

Namun Air Terjun Sedudo juga dipercaya bisa mencelakakan pengunjung yang sengaja melanggar pantangan. Pantangan tersebut antara lain dilarang berbuat asusila di lokasi air terjun, tidak membawa pulang benda-benda temuan, tidak membawa pulang shampoo dan sabun yang dibawa dari rumah, dan dilarang berkomentar bila melihat hal tak wajar di tempat itu.

sedudo-8-universalscout

Dinas Pariwisata Kabupaten Nganjuk menggelar ritual setiap 1 Suro di air terjun. Bertema “Mandi Sedudo” ritual tahunan ini justru menjadi ikon pariwisata karena menyedot pengunjung. Masyarakat mempercayai mandi di bulan Suro dalam air terjun Sedudo membawa banyak manfaat bagi tubuh.

Tertarik ke Sedudo, mari berpetualang!!. Bila kawan-kawan luar daerah ingin panduan lokal hubungi tim Universalscout di universalscout@gmail.com atau invite Whatsapp 082337522204

 

Tags:

0 thoughts on “Berpetualang ke Air Terjun Sedudo

Leave a Reply

Your email address will not be published.