Aku Rindu Orang Tuaku

Rindu orang tua akan menghampiri hati anak yang jauh dari ibu dan bapak apalagi bila sejak kecil belum bersua akibat mereka berpisah. Perpisahan orang tua dalam perceraian bukanlah suatu hal yang diinginkan oleh anak manapun, sebab dengan perpisahan ini tentu bhakti anak kepada orang tua tak akan bisa penuh. Padahal berbhakti kepada orang tua adalah salah satu amal yang penting dalam hidup ini. Lalu bagaimana bila kenyataan perpisahan itu telah terjadi?

Jangan sedih. Bhakti kepada orang tua tetap bisa dilaksanakan. Bila orang tua jauh dari keberadaanmu maka kamu bisa menghubunginya lewat surat atau pun sarana canggih saat ini, seperti video call umpamanya.

Bila ada cukup dana suatu saat nanti, bersilaturahmilah kesana. Jangan berharap orang tua yang akan datang menemuimu, meski kebanyakan anak seperti itu. Mengapa? Sebab perjuanganmu jauh akan lebih menantang dan seru, sehingga amal bhaktimu akan terasa lebih menusuk ke dalam kalbu.

Bila sudah bertemu, janganlah kamu membuat hatinya sedih, meskipun menurut cerita yang kamu dengar sejak kecil beliau adalah orang yang tak baik sehingga akhirnya memicu perpisahan. Janganlah kau tuntut dia apapun, sekecil apapun itu. Maafkanlah segala kesalahannya entah yang kamu pahami apa tidak, entah kamu menganggap dirimu sebagai anak yang tak diinginkan atau tidak. Mengapa? Sebab Allah melihat akhlak kita bukan dari apa yang diucapkan oleh orang, melainkan dari apa yang kita lakukan secara tulus dan ikhlas.

Umpama waktu ketemu orang tuamu itu beliau dalam keadaan kekurangan, atau lebih menyedihkannya lagi saat ini dalam keadaan yang makin jauh jatuh dalam dosa, maka berjuanglah untuk bisa mengangkat kembali dirinya dari jurang kehinaan itu. Itu adalah ibadah yang insyaallah akan membuat kamu jauh lebih dewasa dengan segera.

Buanglah jauh-jauh rasa yang justru bisa menyebabkan kamu jadi anak durhaka. Ingat, hanya kata ‘hus’ saja itu sudah cukup untuk membuat kamu menerima predikat sebagai anak yang durhaka, apalagi kalau kamu sampai mengata-ngatai orang tuamu itu, meskipun apa yang kamu katakan adalah kenyataan. Disinilah akan kelihatan mana orang yang berakhlak dan mana orang yang dungu dengan keilmuannya.

Jadi, apakah kamu ingin bertemu dengan bapak atau ibumu yang telah berpisah dan kini juga entah dimana. Berjuanglah jangan menyerah. Ini adalah kesempatan kamu untuk membuktikan pada dunia sebagai saksinya, bahwa kamu adalah anak sholeh dan sholehah yang dirindukan jannah dari semua pintu-pintunya. Aamiin…

Leave a Reply

Your email address will not be published.

© 2022 universalscout.com - WordPress Theme by WPEnjoy