Waktu Memberi Materi Semua Peserta Tidur

Pernahkah kamu waktu memberi materi semua peserta tidur dan tak lagi mendengarkan apa yang kamu omongkan? Bila hal ini terjadi maka ada tiga kemungkinan, pertama isi materimu jelek, kedua peserta sangat menikmati isi materimu dan ketiga peserta sudah sangat capek sehingga tak bisa lagi melawan rasa kantuk.

Tentu sangat menyebalkan bagi pemberi materi yang ditinggal tidur oleh peserta, namun sesungguhnya peserta juga sebal ketika mata sudah kantuk kenapa masih saja ada materi. Keadaan ini sangat tidak kondusif, jadi seyogyanya jangan diteruskan, kecuali ada alasan kuat untuk diteruskan, misalnya sebagai bagian dari latihan uji ketahanan konsentrasi, mental dan kesabaran.

Memberi dan menerima suatu informasi butuh mood yang fresh, sebab otak tak akan bisa bekerja dengan maksimal dalam menyerap materi yang diberikan. Pilihan waktu yang tepat untuk mentransfer materi perlu diperhitungkan masak-masak. Jangan memberi sebuah materi yang penting saat otak sedang tidak pada peaknya, atau kita hanya akan seperti ngomong dengan tembok.

Peserta sendiri juga harus menyiapkan diri sebaik-baiknya bila ingin menerima materi dengan baik. Jangan selalu menyalahkan pemberi materi yang tidak menyenangkan baik gaya maupun isi materinya. Seburuk-buruknya penyampai materi atau materi yang disajikan, namun bila peserta dalam keadaan fresh menerima materi, tentu tetap akan banyak hal yang bisa diserap oleh peserta.

Sesungguhnya materi tak akan membosankan andai disampaikan dengan penuh dinamisasi dan fleksibelitas menyesuaikan perkembangan dalam forum tersebut. Jangan kaku dalam memberikan materi, apalagi sampai kesannya memaksa. Ingat! Otak adalah pemimpin. Ia tak mudah untuk diperintah, sebab takdirnya otak adalah memimpin. Otak akan suka bila dielus-elus dan ditaklukkan dengan pujian halus yang realistis bukan mengada-ada. Bila otak merasa selalu dalam keadaan nyaman, maka ia akan memerintahkan organ-organ tubuh lainnya untuk nyaman pula, sehingga secara global menjadi sangat siap menerima masukan informasi. Inilah sebuah teknik sederhana yang jarang diperhatikan oleh pembawa materi, apalagi yang masih dalam taraf belajar dan junior.

Jadi, masih takut dengan mengantuk saat materi?

Leave a Reply

Your email address will not be published.

© 2022 universalscout.com - WordPress Theme by WPEnjoy