Mulai 31 Oktober 2017 Kartu Prabayar Wajib Validasi

Mulai 31 Oktober 2017 kartu prabayar wajib validasi baik itu pelanggan lama maupun pelanggan baru. Yang tidak mau di validasi maka pelan-pelan layanan pada kartunya akan hilang dan akhirnya kartu itu tak lagi bisa digunakan. Semua dilakukan untuk menertibkan pemakaian kartu prabayar dan penggunaan yang salah misal oleh pelaku kriminalitas

Validasi sendiri di lakukan sejak 31 Oktober nanti hingga 28 Februari 2018. Selama waktu itu para pengguna kartu prabayar bisa melakukan validasi dengan menggunakan data NIK dan kartu keluarga.

Apabila waktu melakukan validasi ternyata gagal alias data yang dimasukkan tidak dapat terekam, padahal sudah benar dan sesuai dengan dokumen yang bersangkutan, maka pengguna diminta untuk mengisi surat pernyataan yang isinya berisi pernyataan kebenaran data dan siap bertanggungjawab secara hukum atas penggunaan nomor tersebut.

Informasi ini sendiri dikeluarkan oleh kementrian komunikasi dan informatika dengan harapan bahwa masyarakat segera bersiap untuk kembali melakukan pendataan nomor.

Sebenarnya validasi ini sendiri sudah berlaku sejak tahun 2005, namun karena suatu hal program ini tidak bisa berjalan dengan maksimal. Sehingga menimbulkan kerawanan pada penyalahggunaan nomor prabayar untuk tindakan-tindakan kriminal yang merugikan masyarakat.

Validasi nomor prabayar dilakukan secara mandiri oleh pelanggan dengan mengisi form yang nanti dikirim ke nomor masing-masing. Sementara yang mengalami kendala waktu pengisian bisa mendatangi gerai resmi masing-masing operator.

Tidak ada biaya sama sekali untuk validasi, semua digratiskan. Penetapan validasi ini diatur dalam Peraturan Menkominfo Nomor 14 Tahun 2017 Tentang Perubahan atas Peraturan Menkominfo Nomor 12 Tahun 2016 Tentang Registrasi Pelanggan Jasa Telekomunikasi. Dan berlaku bagi pelanggan lama maupun baru

Setelah nanti masyarakat pengguna ponsel melakukan validasi maka data validasi akan terekam langsung di database Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri.

Nah, bagaimana sudah siap untuk validasi ulang? Bagi yang ingin nomornya tetap aman dan tidak di kick sama operator akibat aturan ini, ayo di validasi. Apakah budaya gonta-ganti nomor masih bisa? Bisa.. tapi ya itu harus mengisi validasi lagi disetiap kepemilikan nomor baru. Jadi simpan saja NIK dan KK kalian di hp, jadi kalau ganti kartu mudah, gak perlu ribet.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

© 2022 universalscout.com - WordPress Theme by WPEnjoy