SHOPPING CART

close
Ayo Gabung Jadi Universalscout, Bumikan Satya Darma Pramuka Tanpa Batasan Ruang dan Waktu

Gunung Wilis Meletus

Siapa yang akan menyangka gunung Wilis meletus dengan hebat, sebab semua penduduk disekitar wilayah ini telah beranggapan bahwa gunung wilis telah mati dan tak akan aktif lagi. Gunung yang berdiri ditengah kepadatan pemukiman dan kota-kota elok seperti kediri, nganjuk, tulungagung, trenggalek magetan, madiun dan ponorogo ini pasti akan membawa banyak korban andai ia meletus.

Wacana kemugkinan Gunung Wilis meletus perlu kita antisipasi dan waspadai, meskipun kita tak pernah tahu kapan ia akan aktif, tapi sekali lagi yang namanya gunung tak ada yang betul-betul mati, suatu saat ada kemungkinan ia akan aktif kembali dan bisa mengancam kehidupan di sekitarnya.

Banyak contoh gunung yang sebelumnya diperkirakan mati, namun kemudian secara mendadak bahkan aktif kembali dan memuntahkan material yang sangat luar biasa. Hal ini bisa terjadi sebab, kandungan material di dalamnya telah menumpuk bertahun-tahun tidak keluar, beda dengan gunung api yang bolak-balik meletus, kandungan materialnya sudah sedikit demi sedikit keluar melalui letusan-letusan kecilnya.

Dalam upaya mengantisipasi meletusnya gunung wilis, apabila ia memang nantinya aktif kembali, maka pengawasan pada gunung ini secara kontinyu mutlak dilakukan.

Ancaman bencana dari gunung wilis sebenarnya bukan hanya letusan yang masih terpendam, namun juga keadaan alamnya yang kini sangat memprihatinkan akibat dari pembukaan lahan yang membabi buta. Oke, dibeberapa titik sudah diadakan penghijauan, tapi faktanya penghijauan yang dilakukan belum mampu untuk mengembalikan keadaan alam gunung wilis seperti dahulu. Masih sangat banyak sumber-sumber mata air mati, sungai kering, tanah tandus, hingga flora dan faunanya yang ikut-ikutan rusak.

Kami membayangkan gunung wilis ini kembali pada jaman-jaman dimana sumber-sumber mata air ada dimana-mana, banyak sungai yang mengalir airnya dengan jernih, burung-burung bernyanyi dengan riang sepanjang waktu dan pohon-pohon besar dengan sulur-sulur yang begitu rapat memenuhi sela-selanya menampakkan keangkeran serta kesakralan alam.

Mungkinkah harus gunung wilis meletus dan mengusir orang-orang yang telah merusaknya agar hutan-hutan dikawasannya kembali hijau dan rapat nan kokoh?

Semoga saja tak perlu sampai sebegitu marahnya wilis hanya untuk menyadarkan ketamakan kita

Tags:

0 thoughts on “Gunung Wilis Meletus

Leave a Reply

Your email address will not be published.