Ada Cinta di Tali Pramuka

Tahukah sobat bahwa ada cinta di tali pramuka? Iya, tali pramuka tak sekedar alat latihan kita untuk membuat pioneering atau mendirikan tenda. Dalam tali pramuka ada filosofi cinta. Ingin tahu apa saja filosofi cinta di tali pramuka?

Pertama adalah tali menyatukan dua tongkat berbeda. Ini mengajarkan pada kita agar pramuka bisa menjadi pemersatu dari perbedaan-perbedaan yang ada dalam hidup ini. Menjadikan satu bukan berarti mencampur adukan, tapi merekatkan yang berbeda agar saling menguatkan untuk menopang sesuatu. Lihatlah tali bisa menyatukan tongkat yang tak sama tanpa ahrus mencampurnya atau merubah wujud asli dari tongkat-tongkat tersebut.

Kedua adalah tali sebagai penghubung. Dengan tali kita bisa menghubungkan titik satu dengan satunya, misal seperti dalam pendirian tenda atau membuat jemuran. Ini menandakan bahwa pramuka harus memiliki cinta yang bisa menghubungkan apapun yang terpisah jauh. Menghubungkan dengan tulus, meski untuk itu ia harus berkorban untuk menerima beban atau harus menguatkan diri agar salah satu tak lepas.

Ketiga adalah tali dalam setiap pioneering harus kuat dan tak kendur atau semua akan rubuh. Ini mengajarkan pada semua anggota pramuka agar memiliki cinta pada kesabaran dan keteguhan serta fokus saat ia berkarya. Ketiga hal itu harus konstan dan terus ada, atau tujuan dari apa yang kita bangun akan runtuh.

Keempat adalah tali pramuka yang panjang dan kuat, ini mengajarkan bahwa pramuka harus mencintai kesabaran. Jangan jadi orang yang berakal pendek dan mudah putus asa. Dalam menghadapi setiap masalah pramuka musthi mampu berpikir luas dan cerdas dalam menemukan solusi-solusi.

Kelima adalah tali pramuka berwarna putih, ini mengajarkan pada semua pramuka untuk cinta pada kesucian dan ketulusan dalam berdharma bhakti menjalankan keempat hal diatas. Hatinya harus putih bersih, pikirannya harus putih bersih dan langkahnya juga harus suci dan tulus.

Demikian adik-adik, sobat-sobat dan kakak-kakak tentang ada cinta di tali pramuka. Mungkin selama ini belum diketahui oleh banyak pramuka. Ayo share dan sebarkan filosofi ada cinta di tali pramuka, agar para pramuka semakin semangat dalam berlatih dan mengembangkan diri membangun Indonesia tercinta.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 universalscout.com - WordPress Theme by WPEnjoy