SHOPPING CART

close
Ayo Gabung Jadi Universalscout, Bumikan Satya Darma Pramuka Tanpa Batasan Ruang dan Waktu

Untuk apa kamu ikut Kepramukaan?

Bisakah kamu menjawab, untuk apa kamu ikut kepramukaan? Sebuah pertanyaan yang patut ditanyakan pada diri sendiri atau setiap pribadi yang ikut kegiatan kepramukaan. Karena dari sekian banyak anggota pramuka, jika kita amati dan renungkan masih sangat sedikit sekali yang mampu menjawab pertanyaan ini dengan baik dan benar, bukan saja dalam bentuk kata tapi juga perbuatan.

Hal ini bisa dimaklumi, sebab yang ikut pramuka tak semuanya betul-betul paham untuk apa dan bagaimana kepramukaan itu. Sebagian besar anggota pramuka memandang kepramukaan hanyalah sebagai kegiatan ekstrakurikuler sekolah semata, sama dengan eskul lainnya.

Faktanya, kepramukaan tak sama dengan yang dianggap sama itu.

Gerakan Pramuka atau Scout Movement sebutan umumnya adalah organisasi besar tingkat dunia, semua sudah tahu. Gerakan Pramuka adalah organisasi yang di atur oleh undang-undang kita juga tahu.

Tapi apakah kamu tahu dengan pasti, untuk apa kamu ikut kepramukaan? Kamu ikut kepramukaan tentu tujuannya tak lain dan tak bukan agar kamu menjadi pramuka! Iya kamu jadi pramuka. Tak ada alasan yang patut selain jawaban itu. Kamu bisa saja menjawab bahwa kamu ikut pramuka agar kamu pintar, pandai bergaul dan lain-lain. Tapi bila kamu tak menjadi pramuka setelah mengikuti kepramukaan, maka sungguh sia-sia keputusanmu, karena kamu bisa mendapatkan itu di kegiatan lain.

Sebaliknya, bagi kamu yang mengaku sudah jadi pramuka, dan aktif dalam kepramukaan, dengan berbagai macam tanda kecakapan yang memenuhi baju dan tanda-tanda ‘kebesaran’ kepramukaan lainnya, berpenampilan bak personel militer, bergaya seperti super hero Hollywood.. namun kamu masih kosong dalam penerapan nilai-nilai satya dan dharma, maka kamu bukanlah pramuka, kamu hanya pramuka kulitnya saja. Sia-sia pula lah itu.

Jika kamu merasa dirimu adalah pramuka. Jika kamu mengikuti kegiatan kepramukaan. Mulai saat ini camkan baik-baik, bahwa tujuan ikut pramuka bukan lain bukan tidak adalah untuk menjadi pramuka.

Apa itu pramuka?

Pramuka itu
1. Taqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.
2. Cinta alam dan kasih sayang sesama manusia.
3. Patriot yang sopan dan kesatria.
4. Patuh dan suka bermusyawarah.
5. Rela menolong dan tabah.
6. Rajin, trampil dan gembira.
7. Hemat, cermat dan bersahaja.
8. Disiplin, berani dan setia.
9. Bertanggung jawab dan dapat dipercaya.
10. Suci dalam pikiran perkataan dan perbuatan.

Yup, itu adalah isi dasadarma pramuka.
Jika kamu belum bisa menepati dasadarma kamu, maka kamu belum jadi pramuka.
Jika ibadah kamu masih amburadul
Kamu masih suka merusak alam, merusak diri, menyakiti hati sesama
Masih suka khianat, boros dan semua hal buruk-buruk itu…
Meski kamu punya sejuta tanda kebanggaan pramuka… tetap saja itu sia-sia.

Tujuan akhir kita ikut kepramukaan adalah agar kita menjadi pramuka hingga akhir hayat dan mati masuk surga. Meski tak harus lagi hadir dipangkalan dan berseragam coklat, namun satya dan darma pantang untuk di ludahkan kembali. Sekali pramuka, selamanya pramuka.

Oh ya, agar meluruskan jalan, menguatkan tekad, dan jauh dari kesesatan, maka untuk pembukaan satya yang berbunyi “demi kehormatanku, aku berjanji”.. Sebaiknya diubah “Demi Tuhan Yang Maha Esa, aku berjanji”. Semoga dengan begitu, niat kita untuk menjadi pramuka adalah niat sebagai bagian dari ibadah.. selain itu kita betul-betul serius menjalankan satya dan darma, sebab kita langsung berjanji pada Tuhan Pencipta Alam Semesta, bukan berjanji pada diri sendiri yang jujur saja, sebagai manusia acap kali khilaf dan salah…

Jadi, untuk apa kamu ikut kepramukaan?

Tags:

0 thoughts on “Untuk apa kamu ikut Kepramukaan?

Leave a Reply

Your email address will not be published.