SHOPPING CART

close
Website Gudep Nganjuk 10.093 - 10.094

Penemu Semaphore Dalam Pramuka

Halo adik-adik, sedang mencari informasi mengenai Penemu Semaphore Dalam Pramuka ya sekarang, ayo kita ngobrol dulu tentang bagaimana cara simpel dan cepat mempelajari semaphore tanpa perlu capek-capek menghapal sempahore sampai berminggu-minggu. Dijamin dengan cara ini, sebentar saja adik-adik pun akan menguasai dan bisa ingat sepanjang waktu. Wah, menyenangkan bukan… Tentu sangat menyenangkan, jadi ayo baca dulu informasi ini, toh adik-adik juga tengah mencari informasi tentang Penemu Semaphore Dalam Pramuka

Pertama, pahami bahwa abjad semaphore itu dibuat secara runtut dalam bentuk melingkar seperti jarum jam, dengan titik nol atau delapan ada di bawah, lalu melingkar seperti jarum jam dari kanan ke kiri, dimana tiap titiknya bergeser sebesar 45 derjat hingga titik ke tujuh. Perhatikan gambar berikut ini ya adik-adik.

Pelajari dulu susunan tersebut, yang dalam lingkaran adalah posisi tangan adik-adik dalam tiap titik. Sedang yang dalam kotak adalah pasangan angka yang menjelaskan posisi tangan mewakili bentuk huruf-huruf semaphore. Bila adik-adik mempraktekkan maka semua akan tergambar seperti berikut ini..

Kedua, peragakan dengan regu masing-masing huruf tadi mulai dari A-G, H-N, O-S, dan U-Z. Setelah selesai, balik dari Z-U, S-O, N-H dan G-A. Apabila kalian bisa membolak balik susunan huruf ini dengan benar, maka yang ketiga kerjakan gerakan acak atau cobalah mengirim semaphore dengan kalimat berikut “The Quick Brown Fox Jumps Over the Lazy Dog.” Mengapa mengirim kalimat tersebut? Sebab dalam kata-kata tersebut berisi semua jenis huruf mulai dari A sampai Z. Baiklah, sampai disini Kakak percaya adik-adik sudah hafal semaphore untuk semua jeni huruf.

Ketiga, waktunya tes kecepatan. Mintalah sahabat adik untuk menuliskan 50 – 100 kata yang berlainan dan maksud aslinya di plesetkan, misal AYAM ditulis ATAM. Lalu mintalah teman kamu membacakan kata-kata itu, dan kirimkan dengan sempahore. Kejarlah target 5 menit minimal 50 kata. Jika kamu mampu memperagakan dengan baik dan benar, maka selamat Kakak ucapkan kamu sudah mahir mengirim.

Sampai disini kira-kira adik sudah bisa mengerjakan pengiriman semaphore dengan baik dan benar. Tapi masih ada masalah, kira-kira jika adik yang menerima berita semaphore dari kawan maka bisa tak adik memahaminya? Jangan sampai terjadi kalian pintar mengirim saja, tapi tidak bisa membacanya hehehe.

Untuk belajar menerima berita semaphore, adik-adik bisa berlatih menghadap kaca yang besar, atau meminta kawan kalian mengirim semaphore ke kamu minimal 50 kata dalam 5 menit . Cara ini sangat tepat untuk mendesak kemampuan ingatan dan kegesitan pikiran kita dalam menerjemahkan kode-kode semaphore.

Penemu Semaphore Dalam Pramuka

Oh ya, jangan lupa aturan pengiriman semaphore. Coba perhatikan penjelasan berikut.

Untuk mengirim sandi angka, sebelum dimulai maka pengirim musthi memberi kode “nomor” dan jika ingin kembali mengirim huruf maka harus membuat sinyal “J”

Beberapa kode lainnya yang digunakan dalam semaphore yaitu :
U-R : berita siap dimulai
K : siap menerima berita
E (8 kali) : error / ada kesalahan
C : konfirmasi satu kata diterima
I-M-I : ulangi
A-R : berita selesai
R : dapat menerima dengan baik
Q : tunggu
M-K : geser kanan
M-L : geser kiri.

Semaphore adalah kode yang sudah lama dipakai, digunakan salah satunya saat perang sipil di amerika. Meski saat ini jaman telah maju, semaphore tetap penting, utamanya bagi pramuka yang sering berkegiatan dialam terbuka dan tak ada sinyal HP maupun HT yang menjangkau wilayah tersebut. Sempahore bisa digunakan untuk menolong komunikasi antar satuan atau pramuka.

Selamat berlatih adik-adik, semoga (segera|lekas} menguasai materi semaphore ini yak.

Tags:

0 thoughts on “Penemu Semaphore Dalam Pramuka

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Tulisan Terbaru