SHOPPING CART

close
Ayo Gabung Jadi Universalscout, Bumikan Satya Darma Pramuka Tanpa Batasan Ruang dan Waktu

Pendidikan dalam Permainan

Pramuka memberikan materi pendidikan dengan menyenangkan, salah satunya lewat permainan. Jadi jangan alergi dalam mengikuti kegiatan pramuka kalian akan bertemu dengan banyak permainan, terlebih untuk usia siaga dan penggalang.

Dalam permainan ini diselipkanlah ilmu-ilmu dan pengetahuan tentang banyak hal terutama patriotisme dan moralitas. Dimana pengetahuan itu akan sangat berguna bagi masa depan. Jika ada pengkalan yang melaksanakan kegiatan pramuka namun minim kegiatan permainan maka sebaiknya dibenahi, atau melaksanakan permainan tapi minim konten mendidik.

Ditingkat penegak dan pandega model pendidikan melalui permainan ini tetap saja relevan, tentu permainan yang digelar dibuat lebih rumit dan menantang sesuai dengan tingkat pemahaman peserta didik. Sayangnya kita menemukan banyak sekali pangkalan penegak dan pandega yang asal-asalan saja dalam menerapkan metode ini. Padahal ada banyak faedah yang bisa diperoleh.

Permainan di pramuka bukanlah permainan yang sesat apalagi miskin hikmah. Pembina atau pelaksana kegiatan musthi merancang sedemikian rupa agar permainan yang disajikan betulbetul mampu menjadi media penyampai ilmu dan pengetahuan positif, tentu dengan tetap memperhatikan faktor keamanan dan keselamatan penuh.

Jadi masih segan bermain?

Tags:

0 thoughts on “Pendidikan dalam Permainan

Leave a Reply

Your email address will not be published.