SHOPPING CART

close
Ayo Gabung Jadi Universalscout, Bumikan Satya Darma Pramuka Tanpa Batasan Ruang dan Waktu

NIATNYA BELAJAR TAPI MALAH BIKIN STRES

2020 tugas makin liar… Guru-guru tak kira memberiku pengayaan. Layaknya aku harus selalu diasah… Agar lancip pikiran, berkualitas kemampuan. Tugas matematika , fisika, bahasa Indonesia, memenuhi akal… Belum terselesaikan tugas yang itu, sudah ditambah lagi tugas yang baru. Apalagi ada tambahan tugas ekstrakurikuler… Tugas membuat ini… Merangkai itu… Ah! Melangkah ke sekolah rasanya semakin berat. Langkahku kian terjerat dengan tugas yang semakin memberat. Tugas…. Oh tugas!

Sebagai seorang pemuda pemudi mahasiswa budiman, kita memang tidak akan lepas dari yang namanya tugas. Tugas? Iya, TUGAS. Kalau kita menyalahkan guru untuk semua tugasnya, kita juga salah. Karena menyelesaikan tugas adalah kewajiban kita. Cara yang paling tepat adalah mengerjakan tugas. Sesulit apa pun, kami pasti bisa. Serumit apa pun, tugasmu pasti akan terselesaikan semua. Kamu harus percaya jika kamu pasti bisa.

Nah teman, tugas jangan dipikirkan. Karena tugas harus kita kerjakan agar terselesaikan. Berikut ini cara mengerjakan tugas dengan  cepat untuk dirimu yang hebat:

1. Bikin outline secara umum dari tugas yang ingin kamu kerjakan

Jadi, sebelum mengerjakan tugas, kita harus mempunyai bayangan atas tugas yang akan kita selesaikan.

2. Singkirkan yang tidak berguna untuk tugasmu ini. Jangan biarkan pikiranmu terdistraksi

Selain harus melawan rasa malas, kamu juga harus menjauhkan diri dari hal-hal yang bikin kamu terdistraksi (terganggu).

3. Kerjain tugas berdasarkan target waktu, maka kamu akan terpacu

Jika kamu punya waktu yang sempit, maka jadikan waktu itu sebagai pembantu kamu. Paksakan dirimu untuk memenuhi target dalam jangka waktu tertentu, misalnya dalam 10 menit berapa banyak kalimat yang udah harus kamu tulis. Berapa paragraf yang bisa kamu hasilkan dalam 30 menit. Lalu lihat kerjaanmu setelah 1 jam. Beri penilaian, apakah kamu cukup cepat sejauh ini? Atau terlalu lambat? Jika kamu merasa harus menulis lebih banyak dari itu, maka kamu harus meningkatkan temponya.

4. Kerjakan tugas dengan tema yang familiar denganmu

Jangan mengejar kesempurnaan. Lagian kesempurnaan hanyalah milik… Tuhan. Kerjakan dulu semaksimal kita. Jangan memikir hasil akhir. Entah itu bagus atau jelek jangan dijadikan pikiran. Yang penting kita berusaha dan biarkan waktu yang berbicara. Karena di setiap usaha ada masa yang bercengkerama.

5. Ubah suasana hati

Mood yang tidak baik, mempengaruhi hasil.

Nah teman, lain kali, tumpukan tugasnya jangan terlalu dijadikan pikiran. Karena tugas hanya untuk dikerjakan ya:) Oke, Selamat berjuang di bangku pendidikan! Raih mimpi, ukir prestasi!

See you next time:)

Tags:

0 thoughts on “NIATNYA BELAJAR TAPI MALAH BIKIN STRES

Leave a Reply

Your email address will not be published.