SHOPPING CART

close
Website Gudep Nganjuk 10.093 - 10.094

MISTERI JEMBATAN SUMBER (ROLAK)

Ada sebuah cerita mitos dari Dusun sumber,Desa Sonoageng,Kecamatan Prambon,Kabupaten Nganjuk.Sebuah jembatan yang dikenal dengan nama jembatan “ROLAK” di dusun tersebut sangat terkenal di kalangan masyarakat Dusun Sumber dan sekitarnya.Hal ini dikarenakan kisah mistis yang mengiringi pembangunan jembatan tersebut.

Jembatan yang dibangun pada masa kolonial Belanda tersebut,konon katanya pembangunannya menggunakan tumbal berupa seorang anak kecil.Selain itu,seorang tukang yang membangun jembatan tersebut katanya dikubur dalam sebuah lubang yang berada di dekat jembatan tersebut oleh seorang penjajah Belanda.

Menurut masyarakat banyak orang yang telah meninggal di jembatan dan sungai tersebut.Sehingga kian menambah kemistisan jembatan tersebut.
Konon di jembatan tersebut terdapat hantu kolong wewe,macan putih,bulus/kura-kura putih,dan masih banyak lagi.

Belakangan ini ada cerita seorang anak yang hampir tenggelam karena berenang di sungai tersebut,namun untungnya ada seorang petani yang baru pulang dari sawah dan mengetahui kejadian tersebut sehingga menolongnya.

Anehnya setelah kejadian tersebut masih banyak anak yang berenang dan bermain di sungai dekat jembatan tersebut.Namun mereka tidak takut,alasannya berenang di sungai tersebut sangat asyik dan airnya lebih menyegarkan.

Selain dari cerita di atas ada sebuah cerita lagi,yaitu pada peringatan hari kemerdekaan Republik Indonesia,Dusun Sumber mengadakan beberapa lomba.Antara lain yaitu lomba perang guling di sungai kecil di samping Jembatan Rolak.Entah kenapa salah seorang peserta dari lomba tersebut tiba-tiba tidak dapat berbicara/bisu setelah terjatuh ke sungai karena kalah lomba perang guling.Akibatnya lomba terpaksa harus dihentikan.Namun akhirnya sekarang,peserta lomba tersebut dapat berbicara kembali setelah disembuhkan oleh seorang kyai.

Meskipun banyak kejadian mistis yang terjadi di Jembatan Rolak,masyarakat Dusun Sumber tidak takut karena mereka selalu melaksanakan do’a dan tahlil kepada ALLAH di Jembatan Rolak setiap bulan suro/muharram,untuk meminta perlindungan dari segala bahaya dan meminta keselamatan seluruh penduduk Di Dusun Sumber.Sehingga masyarakat tidak perlu khawatir,namun harus tetap berhati-hati dan menjaga sopan santun.

Beberapa gambar dan keterangannya yang bisa saya peroleh dari Jembatan Rolak,antara lain :

rolak-sumber-1-universalscout
Rolak Sumber Sonoageng Prambon Nganjuk

 

rolak-sumber-3-universalscout
Jembatan rolak Sumber

 

rolak-sumber-4-universalscout
Sungai kecil samping rolak sumber yang angker

Penulis : VIRGO ALIFIAN WAHYU SEPTYAN WISNU ARYONO PUTRA

Tags:

0 thoughts on “MISTERI JEMBATAN SUMBER (ROLAK)

Leave a Reply

Your email address will not be published.