Hai kakak tengah mencari berita perihal LOMBA HASTA KARYA PRAMUKA yak. Kayak biasa, yuk sini kita diskusi dulu sebelum kakak melanjutkan mencari informasi tentang LOMBA HASTA KARYA PRAMUKA itu. Ada hal penting yang ingin kami bagi mengenai lomba pramuka. Apakah kakak ingin atau sedang mau mengikuti/mengadakan kegiatan tersebut? Namun bila kakak sebagai peserta, apakah kakak sudah menyiapkan diri sebaik-baiknya agar dapat tampil dengan performa terbaik dan berakhir dengan gemilang di ajang itu?

Kakak, kita semua mengerti bahwa dalam setiap kejuaraan, masing-masing tim berharap selalu tampil untuk menjadi pemenang. Namun di ujung lomba, hanya akan ada satu pemenang yang dipilih. Bagi satuan yang juara tentu berbagai penat akan sirna dengan prestasi yang diperoleh. Tapi bagi satuan yang kalah, dalam hati pasti rasanya sangat campur aduk. Jadi sebelum kakak melangkah lebih jauh, mari kita bicara bagaimana menyiapkan tim agar bisa menjadi juara.

Untuk menjadi tim pemenang, berikut beberapa hal penting yang harus kakak siapkan

NIAT

Milikilah niat yang suci, tulus dan fokus sebelum kakak melangkah untuk menyiapkan satuan maju ke medan lomba. Janganlah kakak menanam niat yang tak baik,misal ingin balas dendam. pertandingan pramuka apapun nama dan bentuknya harus kita pahami hanya sebagai alat untuk melatih kita bagaimana menyiapkan diri atas kehidupan yang keras ini. Jadi buang jauh-jauh niatan buruk yang ada agar langkah kakak menjadi ringan dan penuh semangat.

TIM YANG SOLID

Bentuklah tim lomba yang solid, terdiri dari individu-individu yang memiliki komitmen dan tekad sama yaitu ingin maju dan menjadi yang terbaik. Jangan memasukkan anggota yang hanya setengah hati atau sebagai pelengkap saja, karena pertandingan yang kakak ikuti nanti pastilah penuh dengan masalah, bila kakak memasukkan personal yang tak punya jiwa korsa atau skill memadai maka akan sangat menyulitkan tim nantinya.

PETA PERLOMBAAN YANG JELAS

Mintalah petunjuk pelaksanaan dan teknis yang gamblang kepada pelaksana pertandingan.Catatlah detil yang disampaikan saat pertemuan teknis, jangan malu bertanya, tapi juga jangan menggurui panitia sebab kebanyakan waktu technical meeting banyak peserta yang seakan lebih tahu dari panitia sehingga justru membuat panitia tidak bisa berkreasi dalam menguji peserta. Sekedar catatan nih, biasanya panitia itu sering alpa, dimana antara teknis saat penjelasan di pertemuan tak sama dengan teknis dilapangan. Untuk mengurangi masalah ini, maka dokumentasi waktu pertemuan teknis sangat penting sehingga nanti bila dilapangan ternyata prakteknya tak sama dan itu terjadi tanpa pemberitahuan atau alasan jelas makak kakak bisa mengingatkan panitia dengan mengajukan data-data waktu pertemuan teknis dulu.

STRATEGI JITU DAN MEMATIKAN

Namanya juga perlombaan, pasti masing-masing tim ingin menjadi pemenang dengan segala upaya. Siapkan tim kakak dengan rencana yang terbaik. Jangan menyiapkan tim ala kadarnya. Buatlah satuan yang betul-betul tangguh dalam menguasai materi pertandingan. Jangan merasa cepat puas dengan pencapaian luar biasa yang diraih saat latihan. Sedikit saja terlena, maka tim kakak akan menerima akibat yang sangat menyedihkan nantinya.

JANGAN MUDAH MENYERAH

Adakalanya, di awal perlombaan kita sudah jatuh atau lebih parahnya belum berangkat perlombaan saja sudah penuh masalah sehingga mau berangkat pertandingan rasanya sangatlah berat. Kakak, jangan menyerah. Perjalanan masih sangat panjang dan penuh tantangan. Putus asa diawal langkah atau diakhir langkah sama sekali tak boleh ada dalam kamus kehidupan seorang pramuka. Sebagai pramuka teruslah fokus pada niat awal dan rencana yang telah disusun.

SELALU BERPIKIRAN POSITIF

Memiliki pikiran yang positif sangat membantu kita dalam semangat pertandingan. Buang jauh-jauh berbagai hal yang membuat kita susah berpikir jernih. Pikiran positif menciptakan diri kita memiliki aura yang positif pula, ini akan berdampak padaasa juang dan tingkat kreatifitas kita. Jika kakak berpikir negatif maka kakak akan mudah suntuk dan stress. Sedang jika kakak berpikir positif, kakak akan merasakan bahwa senantiasa akan ada solusi bagaimana menghadapi setiap tantangan yang muncul

TAMPILAH SEBAGAI JUARA

Jangan jadi pecundang atau pencoleng. Ikutilah lomba dengan semangat juara, sejak dari awal menerima surat undangan sampai peluit akhir tanda pertandingan selesai dan bumi pertandingan bersih. Janganlah berharap menang Tetapi perbuatan kita tak sesuai dari kata layak sebagai juara. Apa gunanya menang bila kita curang dan angkuh.

TERUS MAJU DAN SEMANGAT

Apapun yang terjadi di akhir pertandingan, jangan sedih atau gembira berlebihan. lomba cumalah alat untuk menguji ketangguhan dan skill kita nanti kita hadir dalam kehidupan sesungguhnya.

LOMBA HASTA KARYA PRAMUKA

Jadi apakah kakak sudah paham dan siap untuk menerapkan petunjuk diatas? Sekali lagi janganlah jadi pecundang, dengan cara menghalalkan berbagai cara. Seorang kstaria sejati pantang untuk menjadi seorang pencuri apalagi ngeyel suatu hal yang jelas-jelas tidak benar. Jadilah pandu yang terbaik di dalam maupun di luar pangkalan. Tunjukkan pada dunia bahwa kakak layak disebut sebagai generasi tunas harapan Indonesia tercinta.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *