SHOPPING CART

close
Ayo Gabung Jadi Universalscout, Bumikan Satya Darma Pramuka Tanpa Batasan Ruang dan Waktu

Kami Akan Terus Melangkah Sampai Ke Tujuan

Dibawah langit yang biru, dan sengatan terik mentari siang bolong yang sangat panas, kaki-kaki kami terus melangkah menyusuri jalan setapak nan berdebu, dengan peluh yang yang mulai membasahi wajah dan baju kami. Iya hari ini kami kembali mengikuti kegiatan ScoutWalker dari Komunitas Universalscout, dengan menempuh jarak pendek sekitar 15 Km melewati persawahan kebun dan perkampungan.

Sebagai seorang pramuka penggalang yang baru saja bergabung dalam satuan Pasukan Khas Pramuka yang berafiliasi dengan Universalscout, tentu kegiatan ini sangat menantang dan menyenangkan. Bersama kawan-kawan dengan penuh semangat menjajal rute yang belum pernah kami tempuhi dengan berjalan kaki. Ini bukan jalan asing sebenarnya, tapi selama ini saya melewatinya dengan bersepeda atau bahkan naik motor, suatu perbuatan yang sebenarnya belum patut saya lakukan karena belum memiliki SIM.

Perjalanan 15 Km bukanlah perjalanan yang jauh sebenarnya, sebab seharusnya kami bisa naik ke strata 30 Km atau yang 45 Km sebagai jarak standart perjalanan kakak-kakak universalscout. Namun tak apalah, rute sejauh 15 Km ini sudah cukup sebagai awalan saya menjadi seorang pramuka pejalan.

lalu apa harapan selanjutnya?

Tidak lagi memiliki ketergantungan pada moda transportasi modern. Maklum anak sekarang ini isi kepalanya selalu diisi dengan moda transportasi berupa motor bahkan mobil. Tak ada lagi bayangan untuk memilih berjalan kaki sebagai solusi cerdas moving kita setiap hari. Padahal bila ditelaah lebih jauh, justru jalan kaki inilah yang memberi hasil lebih bagus ketimbang kita menggunakan kendaraan bermotor.

Sekarang sangat jarang kita melihat orang bersepeda apalagi jalan kaki guna memenuhi kebutuhan perjalanannya, padahal jarak yang ditempuh masih bisa dijangkau dengan jalan kaki. Orang-orang untuk pergi dalam jarak kurang dari 1 km saja lebih memilih naik motor ketimbang jalan, apalagi yang lebih dari itu.

Memang, pada hari-hari tertentu kita bisa melihat banyak orang bersepeda dan berjalan kaki, tapi toh itu mereka lakukan hanya ketika berolahraga atau rekreasi saja, sementara untuk aktifitas harian sangatlan jarang.

Jadi saya berharap, dengan mengikuti kegiatan scoutwalker ini saya bisa membuat rencana lebih bagus yaitu mulai mencintai dan melakukan lagi pilihan berjalan kaki sebagai langkah untuk menuju suatu kegiatan, sekolah misalnya. Saya akan mengistirahatkan sepeda apalagi motor, biarlah saya tumbuh menjadi remaja yang kuat, sehat dan sederhana tapi penuh manfaat, seperti apa yang diajarkan dalam pramuka.

Saya adalah scoutwalker, terus melangkah … bagaimana kamu?

 

Tags:

0 thoughts on “Kami Akan Terus Melangkah Sampai Ke Tujuan

Leave a Reply

Your email address will not be published.