SHOPPING CART

close
Ayo Gabung Jadi Universalscout, Bumikan Satya Darma Pramuka Tanpa Batasan Ruang dan Waktu

Jilbab Bagi Seorang Wanita

Jilbab dan hijab tidak dapat dipisahkan dari kehidupan wanita muslim. Seorang wanita muslimah wajib mengenakan hijab dan jilbab ketika ia sudah dewasa atau ketika ia sudah mengalami haid. Islam adalah agama yang mengatur segala aspek kehidupan termasuk tata cara pergaulan dan bagaimana cara berpakaian yang baik dan benar . Jilbab adalah pakaian yang menutupi seluruh tubuh atau aurat wanita dan setiap wanita muslim wajib mengenakannya.

Jilbab juga dapat diartikan  pakaian kurung yang tidak sempit atau  longgar dan dilengkapi dengan penutup kepala, leher dan dada atau yang disebut kerudung. Dengan kata lain, jilbab itu sendiri adalah baju atau pakaian yang menutupi seluruh bagian tubuh wanita dan longgar.

masyarakat Indonesia saat ini yang menganggap bahwa jilbab hanya penutup kepala saja, sedangkan pakaian panjang dan longgar atau long dress yang dipakai dengan kerudung atau penutup kepala disebut dengan istilah busana muslim. wanita yang mengenakan kerudung di Indonesia meskipun pakaiannya tidak sesuai syariah atau bukanlah pakaian yang longgar terkadang tetap disebut sebagai wanita berjilbab. Hal ini tentunya berbeda atau melenceng dari pengertian jilbab yang sebenarnya.

Mengenakan jilbab dan menutup aurat adalah wajib bagi setiap wanita muslim dan hal ini telah disebutkan dalam dalil-dalil mengenai perintah hijab. Jilbab seorang wanita hendaknya menutupi aurat, yang dimaksud adalah seluruh tubuh kecuali telapak tangan dan wajah.

Ketentuan jilbab syar’I yang mesti dikenakan oleh seorang wanita muslimah:

  1. Bahan jilbab tidak boleh tipis dan menerawang.
  2. Longgar dan tidak ketat.

Banyak orang zaman sekarang menyepelekan hijab. Padahal berhijab sangatlah penting, orang saat ini memakai hijab karena memang zamannya banyak yang berhijab, tetapi belum faham betul akan tata cara berhijab yang benar.Ternyata pada zaman saat ini, orang yang berhijab tidak menjamin orang tersebut baik, sebab zaman sekarang orang tidak peduli tentang tata cara berhijab yang benar, atau bisa di sebut ikut ikutan saja..

Sehelai rambut wanita yang di lihat oleh laki-laki yang bukan mahram dengan sengaja balasannya 70.000 tahun dalam neraka. 1 hari di akhirat sama dengan 1.000 hari di dunia. Seorang wanita yang masuk neraka akan menarik 2 orang lelaki yaitu ayah kandung, adik beradik lelaki, suami, dan anak lelaki kandung.

Sungguh dahsyat hukuman Allah mengenai tuntutan menutup aurat. Dengan demikian mari kita berusaha sedikit demi sedikit Berhijrah. Mungkin saat ini kita belum bisa, tetapi kalau ada tekad di hati kita, pasti kita bisa melakukannya.

Tags:

0 thoughts on “Jilbab Bagi Seorang Wanita

Leave a Reply

Your email address will not be published.