SHOPPING CART

close
Ayo Gabung Jadi Universalscout, Bumikan Satya Darma Pramuka Tanpa Batasan Ruang dan Waktu

Jangan Lupa Zakat Fitrah ya!

Hay kakak-kakak semua….

Semoga kita selalu diberi kesehatan dan dalam Lindungan Allah SWT Aamiin…

Kali ini kita akan membahas sedikit tentang Jangan Lupa Zakat Fitrah ya!

Kakak-kakak semua pastinya sudah pernah zakat fitrah kan. Zakat Fitrah hukumnya wajib bagi seluruh umat islam baik laki-laki ataupun perempuan yang berkemampuan sesuai syarat-syarat yang telah di tentukan. Jangan sampai kita lupa berzakat fitrah ya, karena zakat fitrah wajib lo..

Zakat Fitrah  hanya sekali dalam setahun kan, yaitu saat bulan ramadhan menjelang bulan idul fitri. Waktu yang utama (Afdhol) untuk membayar zakat fitrah yaitu mulai dari terbit fajar pada hari idul fitri hingga dekat waktu pelaksanaan sholat ied. Berapa sih besar zakat fitrah yang harus di keluarkan? Besar zakat fitrah yang harus di keluarkan yaitu 2,5 kilogram beras, atau gandum, kurma, sagu dan sebagainya atau 3,5 liter yang sesuai dengan konsumsi perorangan sehari-hari. Kualitas beras harus sesuai dengan kualitas beras yang kita konsumsi setiap hari.

Apakah zakat fitrah boleh di ganti dengan uang?  Zakat Fitrah boleh dengan uang karena uang juga merupakan harta, jadi tidak harus beras uang juga diperbolehkan. Kalau uang berapa uang yang di keluarkan untuk zakat fitrah? Uang yang di keluarkan untuk zakat fitrah harus sesuai dengan harga beras yang di zakat kan.

Contohnya : Apabila zakat fitrah menggunakan beras ( 2,5 kg atau 3,5 liter) dan apabila zakat fitrah menggunakan uang maka harga beras 2,5 kg atau 3,5 liter tersebut lah yang kita zakatkan.

Zakat Fitrah alangkah baiknya apabila kita berikan kepada orang yang kurang mampu, sebelum memberikan kepada orang kita harus membaca niat zakat fitrah terlebih dahulu.

Cukup sekian ya pembahasan dari saya tentang Jangan Lupa Zakat Fitrah ya! Semoga dapat bermanfaat untuk semua orang…

Tags:

0 thoughts on “Jangan Lupa Zakat Fitrah ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published.