SHOPPING CART

close
Ayo Gabung Jadi Universalscout, Bumikan Satya Darma Pramuka Tanpa Batasan Ruang dan Waktu

Hati-hati Penipuan Di Forum Online

Pagi menjelang, dengan mata yang masih sangat lekat, saya coba bangkit dari tidur. Sisa – sisa kantuk terasa begitu sangat. Maklum, pukul 03.00 WIB dinihari, saya baru bisa tidur, karena semalam tiba – tiba saja boss saya menghubungi, untuk mengerjakan beberapa web yang perlu diperbaharui. Saya lihat keluar dari kamar, adik saya sedang mengikat tali sepatunya. “ehmmm, sayakira dia masih sakit, akibat demam tingginya beberapa hari yang lalu, Alhamdulillah kalau sekarang sudah sehat”, gumam saya. “kak, saya berangkat dulu ya ?, assalamuallaikum”, kata adik saya, “wa’allaikumsalam, hati – hati dijalan ya!”, sambil berlalu, adik saya berlari kecil menuju sepedanya. Jarak sekolah dengan rumah yang agak jauh, memaksanya untuk menggunakan salah satu alat transportasi yang simpel itu untuk menuju sekolah.

Seusai sarapan, saya cek lagi web blog kepunyaan saya, nampaknya ada pesanan lagi, maklum, ini adalah pekerjaan saya sebagai seorang web – hosting atau dalam bahasa sederhananya seorang pelayan jasa dibidang pembuatan dan pengelolaan web blog. Pekerjaan ini saya geluti sejak kelas 2 SMA, untuk membantu meringankan beban orangtua sekaligus mengembangkan hobi saya tentang IT. Dengan semakin berkembangnya kemampuansaya dalam penguasaan IT, maka sayacoba untuk lebih melebarkan ‘sayap’ lagi, dari sekedar hobi, menjadi penghasilan utama yang menjanjikan, dan alhamdullilah, dukungan orangtua serta sahabat – sahabat saya pun mengalir begitu deras.

Ketika saya sedang asyik mengerjakan beberapa job, muncul keinginan untuk membuka thread di adsense-id.com. Dan ternyata disitu ada berita tentang promosi besar – besaran Black Friday, ini adalah hari setelah Thanksgiving Day di Amerika Serikat, seiring dianggap sebagai awal dari musim belanja Natal. Nah kesempatan ini digunakan oleh provider – provider hosting, domain, untuk melakukan pemasaran secara global, salah satunya ialah HackHost. HackHost dikenal sebagai penyedia hosting terbaik, yang bersaing keras dengan Host Gator, keduanya selalu menempati posisi 1 dan 2 dalam persaingan ketat provider – provider hosting. Promo Host Gator sekitar 50% dari harga normal (Rp 1.100.000,-) atau $50, kalau dirupiahkan sih, sekitar Rp 500.000,-, sedangkan HackHost harga normalnya Rp 1.400.000,- per tahun, dan mengadakan promo sebesar 80%, jadi harganya tinggal $25. “Kebetulan sekali, disaat saya sedang membutuhkan dollar untuk investasi, ada promo semacam ini, kalau saya tidak beli sekarang, saya bisa rugi, karena nanti pasti mengeluarkan dana lebih banyak, sebagai seorang server domain. Pokoknya saya harus beli, harus!!!” pikir saya. Lantas saya cek jumlah stok dollar yang saya miliki, hanya $2 yang tersisa, “aduh, kenapa harus disaat seperti ini sih?, stok dollar habis lagi, huh,” geram saya kesal.

Lantas saya mendaftar, registrasi, memasukkan kupon, dan mendapat diskon, tinggal pembayarannya saja. Lalu saya mencoba untuk membeli dollar, biasanya saya membeli dollar di Adsense-id.com. setelah saya masuk ke forumnya Adsense-id.com, betapa terkejutnya saya, ternyata hal serupa juga dilakukan oleh para blogger yang lain untuk mengikuti promo ini, akibat dari diskon yang ‘gila – gilaan’ tersebut. Jadi, stok dollar di Adsense-id.com juga sangat sulit untuk ditemukan.

“Hmmm, saya tidak boleh menyerah, harus bisa menemukan dollar bagaimanapun caranya”. Akhirnya saya mencoba kembali mencari dollar, tapi kali ini di situs kaskus.co.id. ketika saya buka, ada sebuah thread dengan pembuat yang saya lihat sudah sangat berpengalaman, reputasinya cukup banyak dan baik, ditambah lagi akunnyapun sudah lama. Disitu dia menawarkan dollar, dan disitu juga dikatakan, dia memiliki balance sekitar $1000. Saya mulai bertanya – tanya, “disaat – saat seperti ini,dia masih bisa menimbun banyak dollar, padahal peminatnya sedang banyak, ditambah lagi dia berani menggunakan RekBer (Rekening Bersama), ehmm, patut dipertanyakan ini”. Saya coba meng-sms nya “mas, saya bisa beli dollar-nya ndak? maaf saya cuma butuh $25 saja.” Sedangkan saya tahu pada thread nya dikatakan bahwa minimal pembelian adalah $100.

Dia membalas sms saya, “boleh, gan.”. kecurigaan saya pun semakin meningkat, padahal saya hanya membeli $25, tapi kenapa tetap dilayani juga?. Lalu saya tantang dia untuk menggunakan RekBer, “kalau pakai RekBer, gimana ?”, “iya, boleh – boleh saja, sob” ujar si penjual dollar. “Ehmm, kalau dia berani memakai RekBer, berarti dia jujur.” Gumam saya, “okelah, gan, ndak usah pakai RekBer”, balas saya padanya.

Keesokan harinya, saya pergi ke ATM untuk mentrasfer sejumlah Rp 250.000,- kepada penjual dollar kemarin, “ya ampun, tinggal Rp 100.000,- saja direkening saya, saya lupa kalau seluruh uangnya sudah digunakan untuk perbaikan rumah, gimana ya ini?”. Tanpa pikir panjang, saya beranikan diri untuk meminta uang pada ayah. Setelah diberikan, saya langsung kembali ke ATM, dan menrasfer sejumlah uang tersebut.

Lalu saya cek rekening Paypal saya, dan betapa terkejutnya, rekening tersebut sudah mencapai limit, artinya rekening itu tidak dapat digunakan untuk bertransaksi lagi. Semakin bingungnya saya, akhirnya saya mencoba mencari akun – akun milik orang, siapapun itu yang mau meminjamkannya pada saya, untuk dapat bertransaksi seperi semula. Untungnya, saya segera mendapatkannya, dari salah seorang teman, saya coba lagi untuk menghubungi si penjual dollar tersebut, sebab dollar darinya belum saya terima. Tapi anehnya, dia tidak dengan segera menjawab sms dari saya, saya ulangi lagi untuk meng-sms nya, dan dia hanya menjawab, “iya, maaf, ini lagi dikantor. Nanti saja ya, gan.” ujarnya.

Lagi dan lagi, saya coba untuk menghubunginya, tapi tak sekalipun ia jawab atau balas. Hingga malam mulai menjelang, waktu diskonpun habis, tetap tak ada balasan dari si penjual dollar tersebut. Ketika saya lihat – lihat lagi thread orang tersebut, ada seorang commenter yang mengatakan, “ini orang ndak kapok – kapok. Tobat, gan, jangan makan uang haram”. “aduuh, ketipu nih saya!” teriak saya kesal, ternyata si penjual tersebut memang membeli akun yang sudah lama, sudah punya reputasi yang bagus, dan dijadikan sebagai kedoknya.

Pagi berikutnya, saya cek lagi Paypal saya, dan tetap tidak ada dollar yang masuk. Lalu saya sms si penjual dollar itu, “jika yang dikatakan oleh comment di thread agan itu benar, saya cuma bisa mendoakan, semoga agan itu dimaafin dosanya sama Tuhan. Satu lagi harapan saya yang paling besar, semoga agan tidak mati besok, agar agan ada kesempatan untuk bertobat!”. Dalam hati, saya sudah tak ada niat untuk mencari orang tersebut atau melaporkannya ke pihak yang berwenang, mungkin memang bukan rezeki untuk saya. Suatu pelajaran besar kembali terjadi dalam hidup saya, dan saya berupaya untuk mengikhlaskannya sepenuh hati. Saya berfikir, mungkin kehilangan ini mendapat gantinya suatu hari nanti.

Doa saya benar – benar didengarkan oleh Tuhan, pada akhir bulan, saya gajian, lantas saya cek e-mail, dan ternyata ada tagihan dari HackHost, yang belum saya bayar karena kehilangan uang dulu. “kenapa masih ditagih? berarti kalau saya ditagih, saya masih bisa mendapatkan promo yang dulu” pikir saya. Langsung saja saya mencari dollar lagi, lalu lekas membayarnya. Walaupun saya sudah melampaui tempo pembayaran, sudah habis masa gratisan, namun akibat saya memesan pada waktu promo, dan ternyata saya membayar juga pada waktu promo, alhamdulillah, hosting HackHost berhasil saya dapatkan.

Kalau mengambil suatu keputusan, pikirkanlah benar – benar, sebelum bertindak, jangan tergesa – gesa, karena tentu hasilnya akan sangat buruk. Peringatan itu kini menancap dalam hati saya, dan tak akan saya ulangi perbuatan seperti itu.

Tags:

0 thoughts on “Hati-hati Penipuan Di Forum Online

Leave a Reply

Your email address will not be published.