SHOPPING CART

close
Ayo Gabung Jadi Universalscout, Bumikan Satya Darma Pramuka Tanpa Batasan Ruang dan Waktu

Gempa Bumi China

Sebelum anda mencari Gempa Bumi China lebih baiknya anda membaca informasi maha penting berikut tentang perkiraan para ahli tentang banyaknya gempa bumi di tahun 2018 yang akan datang. Setelah itu silahkan anda melanjutkan untuk mencari informasi mengenai Gempa Bumi China

Seperti dimuat dalam banyak media hari-bari ini, para peneliti bumi memproyeksikan akan terjadi gempa global pada tahun depan. Ini terjadi sebab rotasi Bumi berkurang beberapa milidetik setiap hari, kemudian kembali cepat. Keadaan tersebut menjadi trigger peningkatan intensitas gempa Bumi di dunia.

Ahli geofisika bisa mengukur kecepatan rotasi Bumi dengan sangat tepat. Mereka meyakini pelambatan rotasi Bumi berhubungan erat dengan peningkatan siklumat.

Mereka meneliti setiap gempa yang terjadi sejak 1900 dengan skala di atas 7,0 Skala Ritchter (SR). Tim ilmuwan ini membandingkan beberapa data historis global dan melihat fakta rotasi Bumi berkurang dan sudah berlangsung selama lima tahun terakhir. Secara khusus, tim mencatat bahwa rotasi Bumi melambat setiap 25 hinga 30 tahun.

“Tahun ini perlambatan itu memicu peningkatan gempa bumi,” tulis Trevor Nace, seorang ahli geologi dari Duke University, dalam ulasannya di Forbes pada rabu (22/11).

Gempa Bumi China

gempa bumi 2018

Apakah kira-kira pemicu rotasi Bumi melambat? Satu dugaan melibatkan unsur inti luar Bumi, yaitu lapisan logam cair planet yang bersirkulasi di bawah mantel bawah yang padat. Inti luar bisa menempel pada mantel, sehingga menyebabkan terganggunya aliran lapisan logam cair yang ada. Hal ini mengganggu aktivitas medan magnet Bumi dan menyebabkan getaran-getaran dalam rotasi Bumi.

Para peneliti bumi sampai saat sekarang masih belum bisa menjelaskan perubahan rotasi Bumi seperti apa yang dapat menyebabkan gempa bumi. Hal ini karena gempa bumi merupakan bencana yang paling sulit diprediksi. Gempa bumi bisa terjadi tiba-tiba dan bisa sangat merusak.

Ahli geologi, sebut Nace sering kali dibatasi tren historis dalam data untuk memperkirakan kemungkinan terjadinya gempa. Penelitian terbaru ini menyediakan data lain untuk memberi tahu masyarakat resiko jangka pendek yang mereka hadapi tahun 2018.

Tren selama abad lalu memberikan gambaran 2018 akan menjadi tahun gempa bumi teraktif. Biasanya, sebut Nace akan ada 15 hingga 20 gempa besar, minimal 7,0 SR dan biasanya lebih besar. Pada tahun kelima perlambatan rotasi Bumi, peneliti sudah mencatat rata-rata bisa terjadi 25 hingga 30 gempa besar.

Tags:

0 thoughts on “Gempa Bumi China

Leave a Reply

Your email address will not be published.