SHOPPING CART

close
Ayo Gabung Jadi Universalscout, Bumikan Satya Darma Pramuka Tanpa Batasan Ruang dan Waktu

Energi Besar Dibalik Keterpurukan

Kekalahan bukanlah akhir dari segalanya. Kekalahan adalah sisi lain dari perjalanan perjuangan. Tidak tepat menjadikan kekalahan sebagai kesedihan yang berlarut-larut hingga berujung pada keputusasaan. Karena sejatinya, pada dimensi kekalahan ada sesuatu yang begitu penting sedang tersembunyi. Menunggu untuk ditemukan. Ini adalah energi besar dibalik keterpurukan.

Berlian hanya bisa ditemukan oleh mereka yang membongkar dan menyobek kulit bumi. Permata ditemukan oleh mereka yang mau menyelam di kedalaman. Bukan oleh mereka yang melesat ke puncak. Demikian pula energi besar kehidupan ini. Sangatlah dekat bagi mereka yang jatuh terpuruk dalam perjuangan. Andai saja mereka tahu..

Keterpurukan adalah keadaan yang betul-betul akan menguras emosi dan merengkuh semua perangkat dari diri kita. Rasanya sangatlah sesak, pedih, marah, menyesal, ingin menghantam apapun, …hingga ingin meledakkan semua yang ada biar lepas semua beban ini. Ada dendam disana, sebuah luka yang menganga lebar dan akan menjadi memori kuat seumur hidup.

Hal ini beda dengan kemenangan, yang merupakan uforia sesaat. Sebab setelah beberapa waktu, justru ia bisa menjadi bumerang yang sangat mematikan bila pelakunya terlalu larut dalam memuja-muja kesuksesannya. Dampaknya sama saja dengan terlalu larut dalam kesedihan saat menerima kekalahan. Sama-sama buruk. Ibaratnya keterpurukan adalah hantaman langsung yang mematikan, maka kemenangan adalah racun ganas yang membunuh diam-diam, bila kita terlalu mengikuti ruhnya. Ini dua sisi perjalanan kehidupan yang mau tak mau akan kita hadapi.

Jadi kanapa harus merasa sedih di dalam kesedihan. Pelan-pelan galilah hati dengan lebih dalam. Berenanglah seperti salmon yang ingin bertelur, begitu keras berjuang kembali ke asalnya meski harus melawan arus dan mendaki sungai untuk bisa mencapai puncak. Jangan takut untuk jatuh, bukankah posisi saat ini sudah di bawah?

Melompatlah, dan raihlah setapak demi setapak jalan ke puncak. Jangan menyerah, meski harus mundur lagi, jatuh lagi, terpuruk lagi… fokus ke puncak. Jadikan setiap kegagalan sebagai pembelajaran dan bahan bakar yang akan membakar asamu hingga menerangi gelapnya jalan nan sulit ini. Dan ketika nanti sampai di puncak, segeralah untuk membebaskan kemenangan itu, dan lanjutkan perjalananmu. Jangan kau bawa kemanangan dalam petualanganmu, atau kau akan kelelahan sebelum sampai di garis finish perjalanan.

Semangat selalu!

Tags:

0 thoughts on “Energi Besar Dibalik Keterpurukan

Leave a Reply

Your email address will not be published.