SHOPPING CART

close
Ayo Gabung Jadi Universalscout, Bumikan Satya Darma Pramuka Tanpa Batasan Ruang dan Waktu

Cara Membuat Bandeng Presto Dengan Panci Maxim

Hai kakak-kakak sebelum melanjutkan untuk mencari Cara Membuat Bandeng Presto Dengan Panci Maxim ada baiknya untuk membaca dulu bagaimana langkah kita secara umum untuk merawat panci presto. Hal ini penting sebab kita sih kebiasaan mampu membeli barang-barang tak terkecuali barang perlengkapan dapur seperti panci presto ini tetapi kita kadang tak mampu untuk membuatnya awet sebab acap kali kita kurang memahami bagaimana merawatnya dengan benar. Nah, untuk mengurangi hal itu maka kita akan menerangkan dengan detil mengenai bagaimana merawat panci presto secara umum sebelum anda melanjutkan untuk mencari informasi mengenai Cara Membuat Bandeng Presto Dengan Panci Maxim

Apa Itu Panci Presto

Meskipun anda datang ke tulisan ini dari pencarian Cara Membuat Bandeng Presto Dengan Panci Maxim, tapi tidak ada salahnya bila kami akan menerangkan dulu mengenai panci presto. Seperti kita ketahui Panci Presto adalah sebuah panci yang bisa digunakan untuk memasak agar lebih cepat matang dengan media air yang didihkan bersama dengan bahan makanan. Banyak para ibu rumah tangga yang memilih panci presto untuk kebutuhan memasaknya di dapur dikarenakan sangat praktis dalam membantu menghemat waktu memasak terutama untuk membuat empuk daging atau ikan yang dapat lunak sampai ke tulang atau durinya.

Pemakaian Panci presto sudah jamak di kalangan masyarakat Nusantara, hal ini bisa dilihat dengan hadirnya panci ini di kelas ekonomi menengah sampai atas. Selain menghemat waktu dan membuat empuk masakan, terdapat pula beberapa fungsi yang lain seperti panci presto bisa mempertahankan nutrisi, kandungan gizi, dan cita rasa bahan makanan yang kita masak. Dengan berbagai manfaat yang hebat ini, kini sudah saatnya kita lebih memilih panci yang memang telah ditemukan oleh manusia dengan teknologi dan ilmunya.

Merawat panci presto sebenarnya tidak perlu banyak usaha. Dengan mengikuti langkah mudah saja, panci presto Anda dijamin akan berumur panjang. Memasak dengan cepat pun dapat dilakukan kapan saja.Penggunaan tekanan tinggi dalam proses pemasakan akan membuat suhu bisa naik melebihi titik didih asli bahan makanan dan cairan yang ada di dalam panci. namun, salah satu masalah yang bisa datang karena penggunaan suhu tinggi adalah makanan yang mengering dan lengket di sisi panci.

Lucunya banyak diantara kita yang ragu dan takut-takut saat mau menggunakan panci presto untuk pertama kalinya. Padahal keinginan untuk memasak dengan cara presto sudah ada sejak lama. Misalnya masak ikan mas presto, bebek presto atau yang terkenal bandeng presto.

Cuma keberanian yang belum ada. Kira-kira aman enggak ya ? Jangan-jangan nanti meledak ? Kalau nanti tiba-tiba meleduk, lho Gimana ngatasinnya ?

Nah, bagaimana cara menggunakan panci presto dengan aman ? Berikut uraiannya.

Panci presto merupakan alat masak berbentuk panci yang mampu memasak makanan dengan lebih cepat, lebih sehat, dengan kandungan gizi dan rasa yang tetap terjaga. Alat masak ini disebut pula dengan pressure cooker, karena menggunakan bantuan uap air bertekanan tinggi dalam proses masak memasaknya.

Sedangkan cara memasaknya disebut dengan pressure cooking. Uap panas bertekanan tinggi hasil pressure cooking inilah yang sering ditakutkan saat seseorang hendak menggunakan panci presto.

Manfaat panci presto untuk memasak

Manfaat panci presto dalam proses masak-memasak di dapur sangatlah banyak. baik dari segi kesehatan, ekonomi, kepraktisan, dan tentu saja, cita rasa masakan itu sendiri. Diantara manfaat panci istimewa ini adalah :
1. Makanan lebih sehat.
2. Kandungan gizi dan rasa masakan tetap terjaga.
3. Lebih efisien dan hemat energy.
4. Multifungsi.
5. Perawatannya simple.

Bagaimana Cara Menggunakan Panci Presto yang baik?

Saya mau tanya, sebelum anda mencari informasi mengenai Cara Membuat Bandeng Presto Dengan Panci Maxim sudahkah anda mengerti bagaimana cara menggunakan panci presto? Bila belum, berikut penjelasan bagaimana cara memakainya dengan baik dan benar. Siapkan panci presto anda lalu buka tutupnya dengan cara menggeser pegangan pada tutup ke arah yang berlawanan dengan jarum jam lalu angkat, kemudian isilah dengan bahan masakan yang diikuti dengan memasukkan air. Setelah bahan makanan dan air dimasukkan ke dalam panci maka tutuplah kembali dengan memutar pegangan pada tutup panci searah dengan jarum jam sehingga letak pegangan tutup sejajar dengan pegangan pada badan panci, (Perlu diperhatikan bahwa gambar segitiga yang terletak di tutup panci harus sama dengan gambar segitiga yang ada pada gagang panci). Tunggulah beberapa saat sampai air yang di dalam panci mendidih yang ditandai dengan keluarnya suara desis panjang dari katup yang berada di atas tutup, kemudian kecilkanlah api agar masakan bisa matang dengan merata dan lunak. Saat inilah waktu memasak mulai dihitung.

Ikutilah petunjuk cara memasak dari koki atau resep untuk menentukan waktu memasak, perlu diperhatikan pula bahwa air yang ada di dalam panci jangan sampai habis karena selain membuat masakan menjadi gosong juga akan meerusak panci. Apabila massakan sudah dirasa cukup matang maka matikanlah api lalu diamkan kira-kira 5 menit. Kemudian miringkan katup yang besar yang berada di tengah-tengah panci sehingga bandul kecil turun ke posisi yang semula. Apabila anda yakin sudah tidak ada lagi uap yang keluar dan desis menghilang maka tutup panci presto dapat dibuka untuk kemudian dikeluarkan isinya.

Bagaimana Cara Merawat Panci Presto dengan benar?

Nah ini bagian krusial sebelum anda melangkah untuk mencari informasi mengenai Cara Membuat Bandeng Presto Dengan Panci Maxim seperti diatas. Untuk membersihkan kotoran yang melekat pada badan panci gunakanlah air hangat dengan bantuan spon yang benar-benar halus. Agar tidak ada kotoran yang menyumbat bersihkanlah semua tongolan yang terletak pada tutup Panci Presto dengan teliti agar pada saat akan digunaklan maka panci ita sudah dalam keadaan siap dipakai.
Agar bagian badan dan tutup panci presto tetap dalam keadaan kinclong, mulus, dan tidak tergores. Pakailah penggosok dari bahan yang halus untuk membersihkan tutup dan Panci Presto

Solusi membersihkan sisa makanan yang menempel ini adalah dengan memasak campuran air dan cuka di dalam panci presto. Campuran ini akan melelehkan sisa makanan yang menempel. Saat air mendidih, masukkan satu sendok soda kue, lalu matikan api. Saat suhu menurun, bersihkan panci seperti biasa.

Selain itu, satu hal yang juga sering dilakukan dalam menggunakan panci presto adalah menggunakannya sementara untuk menaruh masakan. Untuk menghindari makanan bau dan rusak, jangan menutupnya dengan rapat. Pasalnya, bahan dan bentuk panci presto serta tutupnya tidak memungkinkan terjadinya sirkulasi udara.

Setelah panci presto selesai digunakan dan dibersihkan, simpanlah dengan benar. Untuk menyimpan panci presto pun ada caranya tersendiri. Simpanlah dalam keadaan tertutup, tetapi balik tutupnya untuk menghindari kerusakan di bagian-bagian penting. Gasket atau cincin segel yang terdapat di bibir panci diposisikan di bagian atas tutup panci presto. Setelah itu, masukkan ke kantong plastik dengan ditambahkan sedikit soda kue guna menyerap bau.

Gantilah gasket setiap Anda mendapati adanya sedikit saja kerusakan. Jika ada goresan sedikit saja, proses memasak dengan tekanan tinggi tidak akan berjalan optimal karena adanya kebocoran. Bagian sumbat tekanan tinggi yang ada di bagian tutup juga harus diganti tiap dua tahun .

Guna membersihkan dan merawat gasket yang terlihat kering, lepaskan dari tempatnya. Bersihkan dengan air dan sabun, lalu angin-anginkan. Agar kembali lembab, olesi dengan minyak sayur. Sebelum diletakkan lagi di tempatnya, lap sisa minyak agar panci tidak kotor.

Meskipun panci presto dibuat dari bahan logam yang lebih tahan lama tapi upayakanlah supaya tidak menjemur panci dibawah sinar matahari atau diatas bara api.

Cara Membuat Bandeng Presto Dengan Panci Maxim

Salah satu hal yang berpengaruh pada hasil masakan maupun keamanan saat memasak presto adalah kondisi dari panci presto itu sendiri. Pastikan untuk selalu menggunakan panci presto yang kualitasnya bagus. Hindari membeli panci murahan karena harga yang murah dengan kualitas jelek justru membuat keuangan kita menjadi boros
Jadi intinya agar panci presto kita awet adalah agar kita selalu membersihkan kotoran dan sisa-sisa makanan yang menempel pada seluruh bagian Panci Presto menggunakan air hangat. Bersihkan semua tongolan pada tutup Panci Presto dengan teliti agar tidak ada kotoran yang menyumbat. Pakailah penggosok dari bahan yang halus untuk membersihkan tutup dan Panci Presto agar tetap kinclong, mulus, dan tidak tergores. Cuci dan keringkan dengan kain untuk membersihkan gelang pengedap (karet). Dan terakhir Jangan dijemur dibawah sinar matahari atau diatas bara api.

Tags:

0 thoughts on “Cara Membuat Bandeng Presto Dengan Panci Maxim

Leave a Reply

Your email address will not be published.