SHOPPING CART

close
Ayo Gabung Jadi Universalscout, Bumikan Satya Darma Pramuka Tanpa Batasan Ruang dan Waktu

Beda Dulu dan Sekarang

Hai teman, apa kabar? Semoga sehat selalu ya. Pada kesempatan kali ini, aku akan membahas tentang beda dulu dan sekarang, alias beda anak muda zaman dulu dan sekarang. Jika sudah penasaran dengan kata-kata itu, simak artikel sederhana dibawah ini. Semoga artikel ini dapat bermanafaat dan dapat menyadarkan anak muda sekarang.amiiiiiin.

Oke kalo begitu, kita mulai. Anak muda dibagi menjadi 2, ( menurutku ) yaitu anak muda zaman dulu dan anak muda zaman sekarang.

Pertama-tama kita bahas anak muda zaman dulu. Anak muda zaman dulu itu rajin belajar, sampai mereka rela hanya dengan menggunakan api, kalo orang-orang didesaku biasa menyebutnya “ublik”. Namanya sih agak lucu, tapi memang itu yang ada. Mereka menggunakan itu karena memang dulu belum ada listrik, hehehe. Pada saat malam hari selain belajar biasanya mereka juga mengaji. Mereka banyak yang bisa mengaji dengan lancar, yang belum bisa pun jug punya keinginan untuk bisa. Mereka juga bisa sholat, malah banyak yang mau sholat berjamaah di masjid. Setelah sholat mereka tidak langsung pergi, mereka biasanya berdzikr menirukan imam dahulu.

Sekarang kita bahas anak muda zaman sekarang. Anak muda zaman sekarang kebanyakan malas belajar, mereka belajar ketika disuruh orang tua atau ketika besoknya ada ujian. Padahalkan sudah ada listrik yang melimpah, tetapi mereka malah menyia-nyiakan itu. Anak muda sekarang kalo disuruh mengaji itu susaa………….h sekali, padahal itukan penting dan dapat menambah pahala. Tetapi, mereka malah memilih nongkrong dengan teman-temannya, bahkan ada yang nongkrong dengan lawan jenis pada malam hari ditempat yang agak gelap. Entah apa yang dilakukannya, aku pun juga nggak tau dan nggak pengen tau. Tetapi alhamdulillah masih ada yang mau sholat, walaupun tidak berjamaah dimasjid. Kalau ada pun mereka hanya sholat berjamaah ,lalu setelah salam mereka langsung pergi tanpa berdzikir dahulu. Padahal dzikir itukan penting, salah satu fungsinya untuk menutupi kesalahan-kesalahan dalam sholat atau yang biasa disebut raganya sholat namun jiwanya tidak. Tetapi masih ada kok yang mau berdzikir dahulu.

Sungguh sangat berbeda bukan anak muda zaman dulu dan seakarang?. Bagaimana menurutmu?. Semoga anak muda sekarang sadar dan segera bertaubat,amiiin.

Sudah dulu ya artikel yang sederhana ini. Alhamdulillah kalo ada yang membaca dan saya ucapkan terima kasih bagi yang sudah membaca. Dan bagi yang belum atau yang gak mau gak pa pa, memang kalian gak mau, mau di apain lagi.? Kalau ada bahasa yang kurang sopan mohon dimaafkan dan jangan lupa penjelasan diatas itu menurut pendapatku. Kalo menurtmu ya gak tau.

Sekian terima kasih.

Tags:

0 thoughts on “Beda Dulu dan Sekarang

Leave a Reply

Your email address will not be published.