SHOPPING CART

close
Ayo Gabung Jadi Universalscout, Bumikan Satya Darma Pramuka Tanpa Batasan Ruang dan Waktu

(LAGI-LAGI) BAYI TENGGELAM

Sore kemarin dapat kabar bayi tenggelam di Dusun Gading Desa Sonoageng Kecamatan Prambon Kabupaten Nganjuk. Belum jauh malam merayap, pesan BBM masuk bahwa ada bayi tenggelam pada siang tadi di desa tetangga. Konon awalnya di duga bayi ini hilang diculik, namun dari penuturan dan penyelidikan justru mengarah bahwa bayi ini tenggelam, meski sampai artikel ini di tulis pencarian masih terus dilakukan oleh tim penyelamat di bantu oleh masyarakat.

Bagaimana si bayi ini bisa tenggelam?

Kisah singkatnya sih, merujuk pada lokasi rumah korban yang sangat dekat dengan sungai. Nah adik bayi ini di duga bermain sendiri, alias lepas dari pengawasan sehingga kecelakaan terjatuh ke air sungai.

Kisah tragis seperti ini sudah terlalu sering terjadi. Bayi yang tenggelam di sungai, kolah bahkan di kamar mandi atau sumur rumah.

Mari kita meningkatkan kewaspadaan dan kepedulian terhadap adik-adik bayi yang bermain disekitar area rawan tersebut. Bukan hanya tanggung jawab orang tua, tapi siapapun kita yang berada dekat dengan adik bayi dan lokasi tersebut musthi peduli. Karena area semacam ini bukanlah tempat yang ramah bagi adik-adik bayi yang masih lemah dan belum memiliki kemampuan baik dalam mempertahankan keselamatan dirinya.

Apa hal terbaik agar hal ini tidak terulang?

Pada masyarakat perairan yang notabene sekitar lingkungannya adalah air, tentu kewaspadaan akan bahaya bayi tenggelamlebih tinggi. Namun bagi masyarakat yang umum tinggal di daratan, kadang faktor seperti ini malah lupt dari perhitungan. Kebanyakan kita hanya takut pada jalan raya atau kesalahan dalam permainan. Air adalah ‘predator’bagi keselamatan bayi bila tak diawasi dengan baik.

Oleh sebab itu, sebaiknya adik bayi dijauhkan dari air. Kalaupun mendekat pada air musthi diawasi dengan baik. Beberapa orang memang punya inisiatif untuk mengajari balita sejak dini agar bisa bertahan diair dengan melatihnya berenang, bahkan pernah ada video yang beredar seorang bapak memasukkan bayi usia 1 tahun ke kolam renang guna melihat bagaimana adik bayi ini bereaksi saat masuk ke air. Di video ini sih si bayi awalnya gelagepan, namun pelan-pelan ia bisa mengeluarkan kepala dari air dan mengambang sebelum akhirnya di tangkap lagi oleh bapaknya dan di ajak mandi bersama.

Tags:

0 thoughts on “(LAGI-LAGI) BAYI TENGGELAM

Leave a Reply

Your email address will not be published.