SHOPPING CART

close
Ayo Gabung Jadi Universalscout, Bumikan Satya Darma Pramuka Tanpa Batasan Ruang dan Waktu

5 Cara Bagaimana Menjadi Kreatif

Kita sering mengeluh bagaimana menjadi kreatif, apalagi saat otak sudah susah untuk diajak berpikir kembali. Segala sesuatu rasanya mentok tak ada jalan. Kita ingin teriak, namun juga tetap saja tidak menemukan ide kreatif. Lalu bagaimana menjadi kreatif.

Tak usah galau. Menjadi kreatif itu tidaklah sesulit yang kita bayangkan. Mudah saja kok. Asal kamu mau untuk melakukan beberapa hal berikut.

Pertama kamu harus mau keluar dari kotak sempitmu. 

Yap, ini adalah jalan pertama yang harus kamu lakukan. Keluar dari tempat sempitmu. Baik secara maya maupun nyata. Maya artinya adalah segala sesuatu kesempitan atau ketakutan dalam dirimu. Nyata artinya kamar, rumah, kelas atau kantor kamu. Keluar dan menjelajahlah didunia tanpa batas. Otak itu bekerja juga butuh asupan, nah asupan yang paling baik adalah wawasan yang luas.

Kedua kamu harus mau menerjang badai.

Bukan berarti kamu harus ke laut lalu mencari badai. maksudnya kamu harus berani untuk menerjang apa-apa yang selami ini kamu takutkan atau sesuatu yang membelenggu kemerdekaan kamu sebagai manusia ciptaan Tuhan Yanga Maha Esa. Selama oleh Tuhan boleh, kenapa kamu musthi takut. Lakukan saja. Prinsip yang penting halal dan tidak merusak kehidupan mahkluk lain itu perlu kamu tanamkan keras-keras. Kita biasanya gagal menjadi kreatif karena kita takut untuk melangkah lebih jauh. Hanya berkutat pada keadaan yang menurut kita nyaman, padahal faktanya tidak demikian.

Ketiga kamu harus segera melakukan

Percuma kamu sudah dapat ide dan menerjang badai tapi itu hanya dalam rencana dan rencana saja. Kamu harus mewujudkan segera. Bila gagal yang diperoleh maka kamu akan melihat peluang sukses yang mungkin tercipta bersama kegagalan itu. Bila sukses yang tercipta, maka itu menunjukkan bahwa langkahmu sudah benar, tinggal kamu teruskan jauh lebih tinggi dan lebih tinggi lagi.

Keempat kamu harus terus berjalan

Nah ini bagian terpentingnya. Suatu kreatifitas yang baik jangan hanya seperti musiman, ini perlu kontinyuitas yang terus menerus. Jangan tentukan dititik mana kamu akan berhenti, tapi tentukan bahwa kamu harus terus berkreasi sepanjang hari. Jadi tak ada garis finishnya ya? Ada. Nanti naluri kita akan berbicara sendiri saat memang perlu bagi kita untuk berhenti. Tapi jangan jadikan naluri yang berkata berhenti saat kita jatuh sebagai panutan, itu namanya putus asa. Tapi juga jangan terlalu percaya naluri yang berkata berhenti saat kita dipuncak sukses, itu namanya kita tak bertanggung jawab. Ikutilah naluri berhenti saat ia bilang bahwa sudah cukup, semua sudah siap untuk dilepas dan dibagikan pada dunia. Waktunya kita membuat kreatifitas lagi yang lain.

Kelima kamu harus bersyukur

Sukses atau gagal selalulah bersyukur, agar nilai kreatifitasmu semakin meningkat. Bila ingin menjadi kreatif jangan pernah berputus asa apalagi memiliki penyakit hati. Kamu harus selalu fresh dalam diri

Itu 5 cara bagaimana kamu menjadi kreatif. Selamat mencoba. Bagaimana pendapatmu?

Tags:

0 thoughts on “5 Cara Bagaimana Menjadi Kreatif

Leave a Reply

Your email address will not be published.