SHOPPING CART

close
Ayo Gabung Jadi Universalscout, Bumikan Satya Darma Pramuka Tanpa Batasan Ruang dan Waktu

Anak Nakal, Salah Siapa?

Saat ada anak nakal, kita sering bilang bahwa penyebabnya adalah orang tua atau lingkungan yang salah dalam mendidik mereka. Batulkah begitu?
Tidak. Anak nakal disebabkan karena anak itu sendiri. Lingkungan hanyalah memberi contoh, tapi setiap anak punya keputusan sendiri untuk mengambil keputusan mana yang baik dan mana yang buruk.

Justru tindakan kita yang sering menjustifikasi ini salah itu benar lah yang justru membuat mereka salah dalam mengambil sikap. Andai mereka diijinkan untuk mengenal kehidupan ini dengan alami dan benar, maka niscaya mereka akan memilih dan mengerti sendiri mana yang baik dan mana yang buruk.

Lihat saja, semakin banyak aturan saat ini bukankah anak semakin susah diatur. Bandingkan dengan jaman dulu dimana aturan masih sangat sedikit dan simple.Di jaman itu kita melihat anak-anak tumbuh dengan penuh kebijaksanaan dan kearifan.

Saat ini, semakin banyak pendidikan yang diikuti oleh anak, justru mereka tak bisa berakhlak mulia. Jangankan kepada orang lain, kepada orang tuanya sendiri saja sangat berani dan bersifat oposisi. Anak-anak berani melawan orang tua dan bersikap tak sopan kepada orang tua, padahal banyak sekali aturan yang diterapkan orang tua dan lingkungannya.

Jadi anak nakal, salah siapa? Salah anak itu sendiri kenapa ia nakal, dan salah kita kenapa kita juga nakal dengan dalih untuk kebaikan mereka. Percayalah bahwa kehidupan ini akan menemukan titik kebaikannya justru disaat kita diam dan mau mengikuti arusnya.

Tags:

0 thoughts on “Anak Nakal, Salah Siapa?

Leave a Reply

Your email address will not be published.