SHOPPING CART

close
Ayo Gabung Jadi Universalscout, Bumikan Satya Darma Pramuka Tanpa Batasan Ruang dan Waktu

[ALFIQ] KENANGAN DI PASUKAN KHAS PRAMUKA

Pasukan khas Pramuka

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatu

Selamat pagi dan Salam Pramuka!

Pasukan khas pramuka, suatu nama pasukan yang mengajarkanku, bagaimana itu persahabatan, kekeluargaan, kebersamaan, sifat pantang menyerah, dan lain sebagainya. Disini lah tempat yang mungkin kucari selama ini, walau tidak seindah dan senyaman surga, tapi sangat menenangkan hati dan jiwa ini.

Disinilah, di gugus depan 10093/10094 tempatku ditempa. Tapi itu dulu, kini saya harus pergi kembali merantau di ujung timur Indonesia, tapi kita bicarakan itu nanti.ya, Saya memang baru di pasukan, hanya sekitar 6 bulan. Tapi entah mengapa jiwa korsa dan kebersamaan para kawan-kawan dan kakak pembina bisa langsung melekat ke jiwa saya. Bahkan sampai saya meneteskan air mata ketika harus berpisah bersama kawan seperjuangan di Pasukan Khas Pramuka.

Ok, kembali ke topik. Saya rasakan bagaimana cara menghargai orang lain dan kekompakan, apa arti dari sebuah team juga saya rasakan.

Saya Alfiq, seorang anak yg suka merantau, saya dipindahkan, lebih tepatnyaa kembali ke jawa pada kenaikan kelas 8. Disini saya akan menceritakan kisah 6 bulan selama menjadi pasukan di pramuka gudep 10093.

Berawal dari keingin tahuan.

Ya, awalnya saya memang hanya ingin tau, bagaimana sih pasukan khas itu? Apakah sama dengan pramuka di Tempat dulu saya berlatih? Tapi ternyata tidak, disini saya merasakan jiwa korsa dan kekeluargaan. Walau di tempat latihan dulu saya juga merasakan jiwa kekeluargaan. Tapi entah mengapa disini sangat dalam memikat jiwa. Dan saya putuskan untuk bergabung dalam pasukan khas pramuka.

Lomba Antar Regu

Nah, disini saya mendapat kepercayaan memimpin salah satu regu di pasukan khas pramuka, dan itu adalah regu Elang, tak banyak sih kisah perjuangan di regu ini, jadi kita next aja =p

LGP

Lomba Galang Prestasi atau LBP, disinilah jiwa korsa pasukan betul-betul di uji, bukan sembarang orang bisa masuk dalam regu LGP karena diambil dari 5 orang yg lolos seleksi di pasukan, dan entah mengapa, saya bisa lolos dalam seleksi itu, inilah dia, Regu jangkrik dari pasukan kami, kami berjuang pantang menyerah dan mati matian membawa nama baik pasukan kami,yah, walau akhirnya gagal menjadi juara tapi kami yakin, sebenarnya kami pantas dan layak menjadi juara 🙂 :p

Disini kami berlatih dengan sangat keras, bahkan kami sudah sangat matang mempersiapkan materi untuk lomba, tapi mengapa entah kami kalah, tapi disini kami belajar kebersamaan, dan melatih fisik dan mental. Bagaimana bisa?  Fisik misalnya, kami berjalan sejauh 9km (walau bukan termasuk jauh tapi dengan medan yg menantang itu sudah bisa dibilang melelahkan) dan dengan tas seberat +-15 kg, dan disini juga kami berlatih kebersamaan.

Bagaimana dengan mental? Dibentak pelatih saat latihan mungkin sdh termasuk latihan mental :p (peace kak :)), oh iya, disini kami juga berlatih dari pulang sekolah bahkan kadang pulang jam 8 malam, jadi wajar kalao wajah berubah menjadi hitam seketika, ditambah badan yang tambah kurus :p,

Oh ya, dalam lomba ini kami juga didampingi oleh para wanita yang juga orang, dan lolos seleksi pasukan khas, regu mereka bernama “beringin”. Dan ada cerita unik nih, waktu 1 hari sebelum lomba, kami bingung memakai aksesoris apa yg dugunakan untuk yel, akhirnya kami sepakat pakai yg murah aja, yaitu “deker”nya ibu-ibu :p.

Selain itu banyak keseruan dan kelucuan saat LGP yg sulit diungkapkan dengan kata kata 🙂

Sebenarna masih banyak kisah di pasukan khas pramuka yg unik ini :D.  tapi,pasti akan panjang.  bila sempat saya akan mencertakannya dilain waktu,

wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatu 🙂

Salam pramuka

Tags: